PERAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARAT DESA DARI ASPEK KETELADANAN DI DESA KAMBITIN RAYA KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Yuan Aditya Pratama Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Rahmi Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Lilis Suryani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

peran, kepala desa, kinerja

Abstract

Sebagai pemimpin pemerintahan di tingkat yang paling bawah, Kepala Desa mempunyai peran yang sangat penting dalam memimpin dan mengarahkan perangkat desa serta masyarakat di desa untuk menuju keberhasilan pembangunan baik secara moral maupun material. Dimana masih adanya opini masyarakat sampai saat ini bahwa pemerintah desa dinilai masih belum dapat melayani kebutuhan masyarakat secara optimal. Hal ini dikarenakan Kepala Desa dalam memimpin penyelenggaraan pemerintah desa kurang tegas berkaitan dengan kinerja perangkat desa.Tujuan penelitian Untuk mengetahui  dan menganalisa : 1) Peran Kepala Desa dalam meningkatkan Kinerja APARAT DESA Dari Aspek Keteladanan di Kantor Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong 2) Untuk mengetahui faktor – fakor pengahambat  Peran Kepala Desa dalam meningkatkan Kinerja APARAT DESA Dari Aspek Keteladanan di Kantor Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Penelitian ini mengunakan penelitian deskriftif-kualitatif, teknik penelitian menggunakan teknik angket dengan jumlah responden 30 orang yaitu : 7 Aparat Desa dan 23 Masyarakat, Lokasi penelitian ini dilaksanakan Pada Kantor Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong Teknik analisa data dengan cara semua data yang terkumpul dikelompokan kedalam klasifikasiter tentu. Setelah data berhasil diklasifikasikan, maka data tersebut dianalisis secara kualitatif dengan menekankan penafsiranmakna yang terkandung didalamnya. Hasil penelitian dari hasil angket yang telah dibagikan kepada 30 responden dapat disimpulkan Berdasarkan tabel diatas, dapat disimpulkan Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Dari Aspek Keteladanan sudah terlaksana cukup baik, sehingga diperoleh hasil 43.73% responden menyatakan cukup baik dan 56.27% menyatakan kurang baik.

Kata kunci : Peran, Kepala Desa dan Kinerja

References

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ajang, M. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa di Desa Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Mulawarman, 35-36.
Ance, F. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Pada Desa Katan, Distrik Nambioman Bapai, Kabupaten Mappi Provinsi Papua. Fakultas Ilmu Pemerintahan Universitas Kristen Indonesia, 14-15.
Covey, S. (2008). The Leader in Me-How School and Parent Around. Jakarta: Bumi Aksara.
Dewi. (2018). Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa di Desa Luk Bayur Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong. Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong, 40-41.
E., M. (2005). Kemampuan Dalam Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Grefor, J. M. (2004). Manajemen Edisi Kedua. Cetakan Ketiga Belas. Yogyakarta: BPFE.
Mangkunegara, A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Marhijanto, B. (1999). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini. Surabaya: Terbit Terang.
Martono, N. (2012). Metode Penelitian Sosial- Konsep- Konsep Kunci. 2012: PT. Raja Grafindo Persada.
Pasolong, H. (2005). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Penulis, T. (2018). Pedoman Penulisan Skripsi dan Penulisan Usaha Penelitian (UP). Tabalong: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong.
Soemarmo, D. (2004). Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Jakarta: Sampurna Karunia.
Sugiyonno. (2011). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suhindarno, H. (2017). Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Sokorejo Kecamatan Bojonegoro. Fakultas Ilmu Sosial Negeri Yogyakarta, 12-12.
Thoha, M. (2005). Kepemimpinan Dalam Manajemen Edisi Pertama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada .
Waloyo. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa di Desa Laban Kulon Kecamatan Maganti Kabupaten Gresik. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi YAPAN Suarabaya, 42-43.
Widodo. (2006). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 Tentang Desa
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Desa
Pasal 2 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 Tentang Pokok-Pokok Kepegawaian
Peraturan Pemerintah Pasal 14 Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa
Peraturan Pemerintah Pasal 27 Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa

Published

2021-11-13

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>