PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT-OBATAN DI APOTEK ZAFIRA RUHAMA

Authors

  • Misnawati Misnawati Prodi Administrasi Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Indriati Sumarni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

harga, keputusan pembelian, GSCA, APOTEK, pengaruh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk obat-obatan di Apotek Zafira Ruhama dan seberapa besarnya pengaruh harga tersebut terhadap keputusan pembelian obat-obatan di Apotek Zafira Ruhama.

Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara simple random sampling dengan sampel aksidental. Jumlah populasi konsumen tidak dapat ditentukan setiap harinya, karena itu diambil sampel 30 responden yang akan mewakili penelitian ini. Kuesioner merupakan instrument utama dalam pengambilan data, observasi dan data sekunder diperoleh di Apotek Zafira Ruhama. Alat uji yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data Generalized Structured Component Analysis (GSCA).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dari hasil uji diketahui bahwa ada pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian obat-obatan di Apotek Zafira Ruhama, diperoleh nilai estimate sebesar 0,506 dengan koefisien CR sebesar 4,68; (2) Besarnya pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 54,9% dan sisanya 49,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti, misalnya seperti atmosfer apotek, lokasi, kualitas produk dan promosi.

Kata Kunci: Harga,  Keputusan Pembelian, GSCA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Agung, Anak Agung Putu. 2017. Metodelogi Penelitian Bisnis. Malang: UB Press.
Assauri, Sofjan. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Habibah, Ummu dan Sumiati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi, 31-48.
Hermanto, Rofek, Kasno T. Kasim, dan Noer Aisyah Barlian. 2018. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Obat di Apotek Hartono Farma di Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Administrasi Bisnis, 1(1), 283-291.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. 14th Edition. United States: Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, Edition 15. United States: Pearson Education.
Kolah, Ardi. 2016. Guru in a Bottle. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Latan, Hengky. 2014. Generalized Structur Component Analysis Teori, Konsep dan Aplikasi Menggunakan GeSCA. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Lubis, Akrim Ashal. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Indonesia, 16(2), 1-11.
Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.
Rachman, Denny Aditya. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Rumah Makan Wajan Mas Kudus). Jurnal Sosial-Politik Diponegoro, 1-8.
Schiffman dan Kanuk. 2009. Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta: Indeks.
Solimun. 2012. Diklat Penguatan Metodelogi Penelitian General Structural Component Analysis-GSCA. Malang.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Edisi 23. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2016. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi dan Kasus. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Swastha, Basu. 2007. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.
Swastha, Basu. 2018. Manajemen Pemasaran, Edisi 2, Cetakan Ketiga Belas. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandy. 2019. Stratetgi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Bogor: IPB Press.
Yazid, Irzaldi dan Wahyu Hidayat. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Apotek K-24 Jl. Gadjah Mada Yogyakarta). Manajemen Bisnis, 1-9.

Published

2020-10-27

How to Cite

Misnawati, M., & Sumarni, I. (2020). PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT-OBATAN DI APOTEK ZAFIRA RUHAMA. JAPB, 3(2), 1322–1331. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/355

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>