PENGARUH HUMAN CAPITAL, STRUCTURAL CAPITAL, DAN CUSTOMER CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DI KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Septiadi Wirawan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

DOI:

https://doi.org/10.35722/pubbis.v1i2.13

Keywords:

Human Capital,, Structural Capital, Customer Capital, Kinerja Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis signifikansi pengaruh Human Capital, Structural Capital, dan Customer Capital Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Di Kabupaten Tabalong. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan regresi linear ganda sebagai teknik analisis data dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas (Human Capital, Structural Capital, dan Customer Capital) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (Kinerja Perusahaan), baik secara parsial maupun secara simultan. Variabel Structural Capital memiliki nilai koefisien terbesar, menjadikannya sebagai varibel dominan yang mempengaruhi variabel Kinerja Perusahaan. Nilai Adjusted R Square menunjukkan nilai sebesar 0,769 atau besarnya pengaruh Human Capital, Structural Capital, dan Customer Capital terhadap Kinerja Perusahaan adalah 76,9%, sedangkan 23,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar tiga variabel bebas tersebut.

Kata Kunci : Human Capital, Structural Capital, Customer Capital, Kinerja Perusahaan

References

Ahmad, S. & Mushraf, A.M. 2011. The Relationship Between Intellectual Capital and Business Performance: An Empirical Study in Iraqi Industry. International Conference on Management and Artificial Intelligence. IPEDR Vol.6. IACSIT Press, Bali, Indonesia. pp 104-109.
Alwi, S. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Keunggulan Kompetitif. Cetakan Pertama. BPFE-YOGYAKARTA, Yogyakarta.
Chen, et. al. 2004. Measuring intellectual capital: a new model and empirical study. Journal of Intellectual Capital. Emerald. Vol. 5, No. 1, pp 195-212
Christa, U.R. 2013. Peran Human Capital dan Structural Capital Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi (Suatu Kajian Konseptual). Jurnal Sains Manajemen. Volume I, Nomor 1, pp 1-7.
Emmanuel, A.O., Oluwayemisi, O.R.A., & Balogun, J.A. 2015. Influence of Human Capital Management on Organizational Performance. Journal of Resources Development and Management. Vol. 14, pp 8-14
Fahmi, I. 2016. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Kinerja. Edisi Pertama. Mitra Wacana Media, Jakarta.
Gaol, CHR.J.L. 2014. A to Z Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Grasindo, Jakarta.
Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Cetakan Ke-1. Rajawali Pers, Jakarta.
Khalique, M., et. al. 2013. Impact of Intellectual Capital on The Organizational Performance of Islamic Banking Sector in Malaysia. Asian Journal of Finance & Accounting. Vol. 5, No. 2, pp 75-83.
Kuncoro, M. 2013. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Edisi 4. Erlangga, Jakarta.
Leopold, T. & Zahidi, S. 2015. The Human Capital Report 2015. World Economic Forum. Geneva, Switzerland.
Manullang. 2013. Pengantar Bisnis. Cetakan I. PT Indeks, Jakarta.
Nurjanah. Modul hPelatihan SPSS Advanced – Pertemuan II. http://danang651.file.wordpress.com (diunduh pada tanggal 15 Februari 2013).
Ongkorahardjo, M.D.P.A., et. al. 2008. Analisis Pengaruh Human Capital Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Indonesia). Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 10, No. 1, pp 11-21.
Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Alfabeta, Bandung.
Preffer, J. et. al. 2003. Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan keempat. Penerbit Amara Books, Jogjakarta.
Pujiastuti, E.E., & Kristanto, R.H. 2012. Human Capital, Social Capital dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan (Study pada Bank Sleman). Business Conference (BC). Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP, UPN “Veteran” Yogyakarta, pp 5-1 – 5-16.
Saebani, B.A. 2015. Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian. Cetakan Pertama. CV Pustaka Setia, Bandung.
Saeed, R., et. al. 2013. Intellectual Capital and Organizational Performance: An Empirical Study in Telecom Sector of Pakistan. Middle-East Journal of Scientific Research 18 (4). Pp 517-523.
Sanusi, A. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan keempat. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Shad, H.R.M., & Goudarzi, M. 2015. Investigating The Impact of Intellectual Capital on Organizational Performance of Hospitals of Kashan University of Medical Sciences. International Journal of Scientific Management and Development. Vol. 3 (11), pp 628-631.
Simanbela, L.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Cetakan Pertama. PT Bumi AKsara, Jakarta.
Singarimbun, M. & Effendi, S. 1995. Metode Penelitian Survai. Cetakan Kedua. PT Pustaka LP3ES Indonesia, Jakarta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke-18. CV Alfabeta, Bandung.
Suharsaputra, U. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Cetakan Kedua. PT Refika Aditama, Bandung.
Uha, I.N. 2013. Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja Proses Terbentuk, Tumbuh Kembang, Dinamika, dan Kinerja Organisasi. Cetakan ke-1. KENCANA, Jakarta.
Ujianto, et. al. 2015. Pedoman Penulisan Tesis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin. STIE PANCASETIA, Banjarmasin.
Ulum, I. 2009. Intellectual Capital. Cetakan Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Wibisono, D. 2011. Manajemen Kinerja Korporasi dan Organisasi: Panduan Penyusunan Indikator. Erlangga, Jakarta.
Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja. Cetakan ke-4. Rajawali Pers, Jakarta.
Zainal, V.R. et. al. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Cetakan ke-6. Rajawali Pers, Jakarta.
Zickgraf, S. et. al. 2010. Intellectual Capital Statement – Made in Europe. European ICS Guideline. European Commission, Belgium.

Additional Files

Submitted

2018-03-29

Published

2018-03-30

How to Cite

Wirawan, S. (2018). PENGARUH HUMAN CAPITAL, STRUCTURAL CAPITAL, DAN CUSTOMER CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DI KABUPATEN TABALONG. PubBis : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 1(2), 387–404. https://doi.org/10.35722/pubbis.v1i2.13

Issue

Section

Artikel