ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. ADARO INDONESIA (Studi Tentang Pengembangan Taman Wisata Menanti Laburan Di Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong)

Authors

  • Muhammad Noor Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Muhammad Riyandi Firdaus Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Taufik Arbain Universitas Lambung Mangkurat
  • Aan Nurhadi PT. Adaro Indonesia
  • Yuri Budi Sujalmi PT. Adaro Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35722/jurnalpubbis.v8i1.816

Keywords:

Public Service, CSI, CEI, Corporate Social Responsibility

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Indeks Harapan Masyarakat (IHM) pada Program Corporate Social Responsibility PT. Adaro Indonesia terhadap pengembangan Taman Wisata Menanti Laburan di Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong tahun 2020 sampai dengan tahun 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan jenis observasional analitik. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil pengisian kuesioner dan Focus Group Discusion serta sumber data penelitian berasal dari penerima manfaat program program Corporate Social Responsibility PT. Adaro Indonesia tahun 2020. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Importance Performance Analysis (IPA), yang terdiri dari tiga komponen yaitu analisis kesenjangan, analisis kesesuaian, dan analisis kuadran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IKM program Corporate Social Responsibility yang dilakukan PT. Adaro Indonesia terhadap pengembangan Taman Wisata Menanti Laburan di Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong tahun 2020 sampai dengan tahun 2022 sebesar 89,15 dan nilai IHM sebesar 27,98 dengan mutu pelayanan dalam kategori “A” dengan kinerja Sangat Baik. Kemudian untuk implikasi penelitian yang didapat dalam penelitian ini yaitu unsur pengawasan dan keterbukaan menjadi prioritas utama perbaikan, dimana hampir diseluruh wilayah operasional PT. Adaro Indonesia masyarakat memiliki harapan yang tinggi agar diberikan tingkat pengawasan berlebih untuk eberlanjutan program CSR.

Kata Kunci: Pelayanan Publik; IKM; IHM; Corporate Social Responsibility

References

Cahyono, H. et.al. (2022). Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Program Corporate Social Responsibility Wisata Mangrove Edupark Tambakrejo Pt Pertamina Patra Niaga It Semarang. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisplin Indonesia, 01(12), 1838–1846. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/ht.v1i12.2516

Crowther, D. and G. A. (2008). David Crowther; Güler Aras Corporate Social Responsibility. Bookboon.com.

Hildawati, & Afrizal, D. (2021). Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Program Coorporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina Ru Ii Dumai. JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 19(2), 153–167. https://doi.org/10.46730/jiana.v19i2.7996

Hohnen, Paul., Potts, J., & International Institute for Sustainable Development. (2007). Corporate social responsibility: an implementation guide for business. International Institute for Sustainable Development.

Hughes, O. E. (2012). Public Management and Administration 4th edition: an Introduction. London: Palgrave Macmillan.

Humaedi, S., Santoso, M. B., & Ismail, L. H. (2021). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Kualitas Pelayanan Program Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Rosella PT Bukit Asam, Tbk. (PTBA). Share: Social Work Journal, 11(1), 62. https://doi.org/10.24198/share.v11i1.34207

Indah Lestari, N. F., & Hasanuddin, T. (2022). Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (Csr) Pt. Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Panjang. JCS - Journal of Comprehensive Science, 1(2), 97–107. https://doi.org/10.36418/jcs.v1i2.18

Iqbal, M. (2016). Analisa Indeks Kepuasan Masyarakat. Terhadap Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indocement Tunggal. Prakarsa, Tbk Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Program Studi Muamalat (Ekonomi Islam) Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kloot, L., & Martin, J. (2000). Strategic performance management: A balanced approach to performance management issues in local government. Management Accounting Research. https://doi.org/10.1006/mare.2000.0130

Lindgreen, A. and S. V. (2009). Corporate Social Responsibility (CSR). International Journal of Management Reviews, 12(1), 1–7. doi:10.1007/S10551-008-9738-8

Lovelock, C. H., & Wirtz, J. (2011). Services Marketing: People, Technology, Strategy, 7th edition. In Pearson.

Matten, D., & Moon, J. (2004a). Corporate Social Responsibility. Journal of Business Ethics, 54(4), 323–337. https://doi.org/10.1007/s10551-004-1822-0

Matten, D., & Moon, J. (2004b). Corporate Social Responsibility Education in Europe. Journal of Business Ethics, 54(1), 323–327. https://link.springer.com/article/10.1007/s10551-004-1822-0

Parasuraman, a, Zeithaml, V. a, & Berry, L. L. (1988). SERQUAL: A Multiple-Item scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. In Journal of Retailing. 21(1), 12-37. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(99)00084-3

Sanderson, I. (2001). Performance Management, Evaluation and Learning in ‘Modern’ Local Government. Public Administration. https://doi.org/10.1111/1467-9299.00257

Sigit, I. (2022). Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Program Corporate Social Responsibility Kampung Bioflok Laju. Jurnal Sosial Teknologi, 2(10), 826–833. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i10.424

Sinambela, L. P. (2011). Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan dan Implementasi. Bandung: In Bumi Aksara.

Wahyuni, S. (2020). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Program Pendampingan Umkm Csr Pt. Pomi (Paiton Operation And Maintenance Indonesia). Universitas Islam Malang, Program Pascasarjana.

Wakhid, A. A. (2017). Reformasi Pelayanan Publik Di Indonesia. Jurnal TAPIs. 13(1), 1-7. https://doi.org/10.24042/tps.v13i1.1619

Wildan F, M. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Semen Gresik di Desa Tegaldowo. Program Studi Pembangunan Ekonomi Kewilayahan Departemen Ekonomika Dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

Windsor, D. (2001). The future of corporate social resonsiblity. In International Journal of Organizational Analysis. 9(3):225-256 doi:10.1108/eb028934

Woodward, R. (2009). The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). In The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). https://doi.org/10.4324/9780203875773

Zeithaml, V. A. (2000). Service quality, profitability, and the economic worth of customers: What we know and what we need to learn. Journal of the Academy of Marketing Science. 28(1), 67-85. https://doi.org/10.1177/0092070300281007

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Malhotra, A. (2002). Service quality delivery through web sites: A critical review of extant knowledge. In Journal of the Academy of Marketing Science. 30(1), 362-375. https://doi.org/10.1177/009207002236911

Submitted

2023-08-24

Accepted

2024-03-09

Published

2024-03-28

How to Cite

Muhammad Noor, Muhammad Riyandi Firdaus, Arbain, T., Aan Nurhadi, & Yuri Budi Sujalmi. (2024). ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. ADARO INDONESIA (Studi Tentang Pengembangan Taman Wisata Menanti Laburan Di Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong). PubBis : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 8(1), 50–63. https://doi.org/10.35722/jurnalpubbis.v8i1.816

Issue

Section

Artikel