ANALISIS KINERJA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS MABU’UN KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Budi Setiawati Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Heni Suparti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

DOI:

https://doi.org/10.35722/jurnalpubbis.v7i1.729

Keywords:

Pelayanan, Kepuasan, Puskesmas

Abstract

Puskesmas merupakan  unit  pelaksana  pelayanan  kesehatan  di  wilayah  kecamatan.  Pembangunan  puskesmas  di  tingkat  kecamatan  memiliki  peran  yang  sangat  penting  dalam  memelihara  kesehatan  masyarakat. Pengukuran kinerja puskesmas terhadap kepuasan yang dirasakan masyarakat dianggap penting guna menjadi bahan evaluasi bagi puskesmas dalam kualitas pelayanan yang diberikan oleh puskesmas sebagai lembaga publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan, dan untuk mengukur besarnya tingkat kinerja puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan. Jenis dan pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 196 orang dari jumlah populasi sebanyak 400 orang. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata tertimbang. Hasil penelitian menunjukkan keselarasan antara kepentingan dan kepuasan masyarakat masih belum sesuai. Pada 17 unsur kepuasan masyarakat sudah baik, walaupun terdapat satu unsur yang memiliki nilai paling rendah yaitu kenyamanan ruang tunggu. Namun secara keseluruhan mutu pelayanan mendapatkan nilai “A” yang berarti kinerja pelayanan puskesmas menunjukkan kategori “sangat baik”.

References

Apriyanto, D. (2016). Pengukuran Kinerja Puskesmas Dalam Rangka Peningkatan Layanan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial, 121-136.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Bina Media.

Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Depok: Rajawali Pers.

Herlambang, S. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Indriyati., H. (2015). Peranan Perawat Dalam Kerangka Kinerja Pelayanan Publik Berdasarkan Undang-Undang Keperawatan. Jurnal Transformasi Administrasi, Vol.4, No. 1, Hal: 828-845.

Luki, N. (2015). Kinerja Puskesmas Rawalele Dalam Pelayanan Gizi Balita Di Kabupaten Subang. JIA Fakultas Ilmu Adminstrasi UNSUB, 15.

Sinambela, L. P. (2012). Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susana, M. (2015). Kinerja Puskesmas Donggala Pada Pengunjung Rawat Jalan Di Puskesmas Donggala Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. e-Jounral Katalogis, Vol.3, No.7.

Wantoro, J. (2019). Analisis Kinerja Puskesmas Payungrejo Di Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Simplex, Vo.2, No.3.

Wibisono, A. D. (2018). Pelayanan Publik Kesehatan Puskesmas Dalam Memberikan Kepuasan Masyarakat Di Kabupaten Sumenep. JRMB Fakultas Ekonomi UNIAT, Vol.3, No.3.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.

Submitted

2023-03-17

Accepted

2023-03-20

Published

2023-03-21

How to Cite

Budi Setiawati, & Suparti, H. (2023). ANALISIS KINERJA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS MABU’UN KABUPATEN TABALONG. PubBis : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 7(1), 97–104. https://doi.org/10.35722/jurnalpubbis.v7i1.729

Issue

Section

Artikel