KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA TANTA HULU KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Heni Suparti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

DOI:

https://doi.org/10.35722/jurnalpubbis.v6i2.644

Keywords:

Kinerja, Pelayanan, Pemerintah Desa

Abstract

Pemerintah desa harus memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan kinerja terutama dalam setiap melakukan pelayanan kepada masyarakat. Namun dalam kenyataannya pemerintah desa belum dapat mewujudkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kinerja pemerintah desa dalam penyelenggaraan pelayanan publik, beserta identifikasi faktor penghambat yang mempengaruhi penyelenggaraan pelayanan publik. Jenis dan pendekatan menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara mendalam kepada informan kunci. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa  kinerja  pemerintah  desa dalam  penyelenggaraan pelayanan  publik cukup  baik. Namun  masih terdapat  beberapa  indikator  yang  hasilnya belum  sesuai sehingga menjadi faktor penghambat, seperti masih  belum  adanya  inovasi  pelayanan,  masih ada  beberapa  kebutuhan  masyarakat  yang  sulit untuk  dikenali  oleh  pemerintah  desa, serta belum adanya sarana dan penanganan terkait pengaduan, saran dan masukan.

References

Aang, K. (2018). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Cijulang Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 1-8.

Dwiyanto, d. (2017). Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fahmi, I. (2013). Manajemen Kinerja. Bandung: Alfabeta.

Ganda, D. L. (2017). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik (Studi Di Desa Watudambo Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara). Jurnal Eksekutif, 1 (1).

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Keban, Y. T. (2014). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori Dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.

Kusnendar, A. (2018). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Cijulang Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara , 1-8.

Lingawe, O. R. (2018). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik Di Kampung Kiliarma Distrik Agimuga Kabupaten Mimika Propinsi Papua. Jurnal Administrasi Publik, 4 (5).

Meleong, L. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosada Karya.

Mukarom, Z. d. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Pananrangi M, A. (2019). Kinerja Pemerintah Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Siawung Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Meraja Journal, 68-82.

Pasolong, H. (2008). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Rivai, V. (2005). Performance Appraisal. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sedarmayanti. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama.

Sinambela, L. P. (2008). Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan Dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.

Submitted

2022-08-24

Accepted

2022-09-06

Published

2022-09-19

How to Cite

Suparti, H. (2022). KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA TANTA HULU KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG. PubBis : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 6(2), 182–191. https://doi.org/10.35722/jurnalpubbis.v6i2.644

Issue

Section

Artikel