KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA TANTA HULU KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG
DOI:
https://doi.org/10.35722/jurnalpubbis.v6i2.644Keywords:
Kinerja, Pelayanan, Pemerintah DesaAbstract
Pemerintah desa harus memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan kinerja terutama dalam setiap melakukan pelayanan kepada masyarakat. Namun dalam kenyataannya pemerintah desa belum dapat mewujudkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kinerja pemerintah desa dalam penyelenggaraan pelayanan publik, beserta identifikasi faktor penghambat yang mempengaruhi penyelenggaraan pelayanan publik. Jenis dan pendekatan menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara mendalam kepada informan kunci. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pemerintah desa dalam penyelenggaraan pelayanan publik cukup baik. Namun masih terdapat beberapa indikator yang hasilnya belum sesuai sehingga menjadi faktor penghambat, seperti masih belum adanya inovasi pelayanan, masih ada beberapa kebutuhan masyarakat yang sulit untuk dikenali oleh pemerintah desa, serta belum adanya sarana dan penanganan terkait pengaduan, saran dan masukan.
References
Aang, K. (2018). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Cijulang Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 1-8.
Dwiyanto, d. (2017). Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Fahmi, I. (2013). Manajemen Kinerja. Bandung: Alfabeta.
Ganda, D. L. (2017). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik (Studi Di Desa Watudambo Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara). Jurnal Eksekutif, 1 (1).
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Keban, Y. T. (2014). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori Dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.
Kusnendar, A. (2018). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Cijulang Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara , 1-8.
Lingawe, O. R. (2018). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik Di Kampung Kiliarma Distrik Agimuga Kabupaten Mimika Propinsi Papua. Jurnal Administrasi Publik, 4 (5).
Meleong, L. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosada Karya.
Mukarom, Z. d. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Pananrangi M, A. (2019). Kinerja Pemerintah Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Siawung Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Meraja Journal, 68-82.
Pasolong, H. (2008). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Rivai, V. (2005). Performance Appraisal. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sedarmayanti. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama.
Sinambela, L. P. (2008). Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan Dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 stiatabalong.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.