Abstract

Fasilitas pembangunan kesehatan dapat dilaksanakan melalui pelayanan kesehatan dasar yaitu puskesmas (Kepmenkes No. 128 Tahun 2004). Puskesmas adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan disatu atau sebagian wilayah kecamatan. Berhubungan deengan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan publik, maka tidak lepas dari upaya yang dilakukan dengan tujuan pembangunan dan meningkatkan kapasitas dalam hal pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam memberikan pelayanan yang baik.


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh petugas Puskesmas Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, teknik penggali data observasi, wawancara kuesioner, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel melalui teknik Accidental Sampling (sampling kebetulan). Sedangkan Accidental Sampling pada penelitian ini adalah pasien atau masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong.


Hasil penelitian di Puskesmas Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong dari perhitungan IKM mendapat nilai konversi 79,3 dan dinyatakan baik sesuai dengan nilai konversi 62,51 – 81,25 merupakan kategori B (Baik).           .                                                                        


Kata Kunci: Tingkat Kepuasan dan Pelayanan Kesehatan.