PERAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DI ERA INDUSTRI 4.0 (STUDI PADA UKM YANG TERDAFTAR PADA DINAS KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN TABALONG)

Authors

  • Shinta Avriyanti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

DOI:

https://doi.org/10.35722/pubbis.v4i1.243

Keywords:

E-commerce, UKM, World Wide Web (www),Teknologi Informasi

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis peran E-Commerce dalam meningkatkan keunggulan kompetitif di era industri 4.0 pada usaha kecil dan menengah (UKM) yang terdaftar pada dinas koperasi, usaha kecil dan menengah kabupaten Tabalong. Penggunaan komputer dalam bidang pemasaran dan penjualan dalam beberapa tahun terakhir berkembang dengan pesatnya. Dengan adanya internet proses pemasaran dan penjualan dapat dilakukan kapan saja tanpa terikat ruang dan waktu. Salah satu penerapan internet dalam bidang bisnis dan perdagangan adalah electronic commerce (E-commerce).

Usaha Kecil dan Menengah ( UKM ) merupakan kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia dan menjadi dinamisator pertumbuhan ekonomi pasca krisis ekonomi. Selain menjadi sektor usaha yang paling besar kontribusinya terhadap pembangunan Nasional, UKM juga menciptakan peluang kerja yang cukup besar bagi tenaga kerja dalam negeri, sehngga sangat membantu upaya mengurangi pengangguran.

Salah satu kunci keberhasilan usaha kecil dan menengah adalah tersedianya pasar yang jelas bagi produk UKM. Sementara itu kelemahan mendasar yang dihadapi UKM di Kabupaten Tabalong dalam bidang pemasaran adalah orientasi pasar rendah, lemah dalam persaingan yang kompleks dan tajam serta tidak memadainya infrastruktur pemasaran. Menghadapi mekanisme pasar yang makin terbuka dan kompetitif, penguasaan pasar merupakan prasyarat untuk meningkatkan daya saing . Oleh karena itu peran pemerintah diperlukan dalam mendorong keberhasilan UKM untuk memperluas akses pasar melalui pemberian fasilitas teknologi informasi berbasis web yang dapat digunakan sebagai media komunkasi bisnis global.

Dengan demikian diharapkan UKM di Kabupaten Tabalong dapat mendapatkan berbagai keuntungan dalam mempromosikan usahanya, mengakses informasi faktor-faktor produksi, melakukan transaksi usaha, serta melakukan komunikasi bisnis lainnya secara global, dalam rangka memperluas jaringan usahanya.

Kata Kunci : E-commerce, UKM, World Wide Web (www),Teknologi Informasi.

References

DAFTAR PUSTAKA
Badrulzaman, Mariam Darus, 2000, Aspek Keperdataan dari E-Commerce, makalah seminar Pembukaan Kantor cabang Law Firm & Darus, Surabaya.
Indrajit, R.E, 2001, Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi , Elex Media Komputendo, Jakarta.
Jauhari, Jaidan, 2010, Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan me Manfaatkan E-commerce, jurnal sistem informasi fakultas ilmu komputer UNSRI.
Jauhari, Jaidan dan Julian Supardi, 2010, Pengembangan model pemasaran dan penjualan Produk unggulan usaha kecil dan menengah (UKM) berbasis E-commerce, Laporan penelitian unggulan kompetitif
.
Jinling, Chang et all, 2009, Modelling E-commerce Website Quality with Quality function Deployment, IEEE International Comperence on Deployment E-bussiness Engineering.
K.C. Laudon dan C.G. Traver., 2014, E-commerce: Business, Technology, Society, Tenth Edition, 3rd Penyunt., New Jersey: Prentice Hall.
M. Suyanto, 2005, artikel : Aplikasi IT untuk UKM menghadapi Persaingan Global Kedaulatan Rakyat Yogyakarta.
Mc Keown Ian dan George Philip, 2003, Bussines Transformation, Information teknology And competitive Strategies, learning to fly International journal of information Management.
Nofie, Iman, 2007, Mengenal E-commerce dari w.w.w. nofie iman, com , jan 2007.
Purbo, Onno W, 2000, Mengenal E-commerce , PT Elex media komputendo, Jakarta.
PT. Saint Technologies Indonesia , 2011, Menuju Perdagangan Komoditi Online, ftradings Sebagai software Pendukung Perdagangan Komoditi.
Ries, AL ( 1996) Focus : Masa Depan Perusahaan Anda ditentukan oleh Fokus, Jakarta PT Gramedia Pustaka Utama. Samuel, Eric, 2010,
Sholekan, 2009, E-commerce, Telkom PDC Bandung.
Syamsudin, 2007, E-commerce dan Pemasaran Produk usaha kecil dan menengah, journal Manajemen dan Bisnis, Surakarta.
Sanusi, Arsyad M, 2001, E-commerce, Hukum dan solusinya, PT Mizan Grafika Sarana Jakarta.

Downloads

Submitted

2020-05-18

Accepted

2020-05-19

Published

2020-05-19

How to Cite

Avriyanti, S. (2020). PERAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DI ERA INDUSTRI 4.0 (STUDI PADA UKM YANG TERDAFTAR PADA DINAS KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN TABALONG). PubBis : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 4(1), 83–99. https://doi.org/10.35722/pubbis.v4i1.243

Issue

Section

Artikel