IMPLEMENTASI APLIKASI E- OFFICE DILIHAT DARI ASPEK SUMBER DAYA DAN KOMUNIKASI PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Anna Trisnayanti Program Studi Administrasi Publik
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

implementasi, E-office, tabalong

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa Implementasi Aplikasi E-Office dilihat dari aspek sumber daya dan komunikasi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Tabalong Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan deskriptif dengan teknik kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner ( angket ), wawancara dan dokumentasi  kepada 54 responden dan indikator yang mendukung teori Van Meter dan Horn ada 6 yaitu dari aspek sumber daya adalah kompetensi, finansial, kualitas dari aspek komunikasi adalah standarisasi, konsistensi, koordinasi dan indikator dari E-Office yang digunakan dalam penelitian ini ada 4 indikator yaitu Absensi, E-Kinerja, Forum dan Pengumuman/Berita. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik yang tidak terkait kepada skor dan skala, teknik analisis statistik sederhana menggunakan persentase kemudian data yang diperoleh dianalisa menggunakan teknik deskriftif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Aplikasi E-Office dilihat dari aspek sumber daya dan komunikasi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Tabalong  dari beberapa indikator ada indikator yang mendapatkan nilai terendah yaitu indikator E-Kinerja sebesar 73% sedangkan indikator E-Office yang mendapatkan nilai tertinggi adalah indikator absensi sebesar 95% berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa implementasi Aplikasi E-Office dari aspek sumber daya dan komunikasi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan  kabupaten Tabalong dapat dikategorikan sangat terimplementasi.

Kata Kunci: Implementasi, E-Office, Aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

B, W. (2012). Kebijakan Publik. Yogyakarta: CAPS.

Burhan, B. M. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

C, E. G. (1980). Implementing Public Policy. Jurnal Implementing Public Policy.

Government, I. (2010). Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil. Indonesia: Indonesia Government.

Horn, V. M. (1975). The Policy Implementation Process Conceptual Frame Work. Jurnal The Policy Implementation Process Conceptual Frame Work, 33-35.

Hupe, M. H. (2002). Implementing Public Policy. Implementing Public Policy, 172.

Ifriandi, L. (2019). Implementasi QRCode untuk Absensi Perkuliahan Mahasiswa Berbasis Paperless Office. Jurnal Implementasi QRCode untuk Absensi Perkuliahan Mahasiswa Berbasis Paperless Office, 100-101.

Indonesia, G. (2019). Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja. Indonesia: Government Indonesia.

Local, G. (2019). Peraturn Bupati No 3 BD.2019/No 03 Tentang Tata Kelola Absensi Online Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong. Tabalong: Government Local.

Mulyadi. (2001). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Nada Nur Izzati, M. (2021). Penerapan E-Office Dalam Upaya Penigkatan Kinerja Bisnis Perusahaan. Jurnal Penerapan E-Office Dalam Upaya Penigkatan Kinerja Bisnis Perusahaan, 57-60.

Oktaf Juairiyah, H. (2017). Penerapan E-Office dalam Administrasi Perkantoran. Jurnal Penerapan E-Office dalam Administrasi Perkantoran, 77-80.

Putri Ummi, A. F. (2020). Efektivitas E-Office di Dinas Komunikasi dan Informatika. Jurnal Efektivitas E-Office di Dinas Komunikasi dan Informatika, 68-71.

Rissa Oktaviana, F. Y. (2022). Efektivitas Pelaksanaan E-Office pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian Pengembangan . Jurnal Efektivitas Pelaksanaan E-Office pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian Pengembangan , 44-47.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparyadi. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Menciptakan Keunggulan Bersaing Berbasis Kompetensi SDM. Yogyakarta.

Tabalong, S. T. (2022). Pedoman Skripsi. Tanjung: STIA Tabalong.

Tachjan. (2008). Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) dan Puslit KP2W Lembaga Penelitian Unpad.

Wahab, S. A. (2004). Analisis Kebijakan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wildaysky, M. (2004). Implementasi Sebagai perluasan Aktifitas yang saling Menyesuaikan. Jurnal Implementasi Sebagai Perluasan Aktifitas yang saling Menyesuaikan, 68-70.

Published

2023-07-03

How to Cite

Anna Trisnayanti, & Jauhar Arifin. (2023). IMPLEMENTASI APLIKASI E- OFFICE DILIHAT DARI ASPEK SUMBER DAYA DAN KOMUNIKASI PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KABUPATEN TABALONG. JAPB, 6(1), 310–320. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/769

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>