PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Dewi Rusna Sekolah Tinggi Ilmu administrasi Tabalong
  • Lilis Suryani Sekolah Tinggi Ilmu administrasi Tabalong

Keywords:

ikm, pelayanan kesehatan, ruang penyakit dalam

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh pelatihan terhadap kinerja pegawai pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Tabalong penting untuk dilakukan, dikarenakan ditemukan beberapa fenomena yang terjadi dilapangan terkait keterampilan dan pelatihan menggunakan teknologi yang diberikan kepada pegawai, hal tersebut berdampak pada penggunaan jasa tenaga kerja di luar pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Tabalong untuk mengelola sistem jaringan dalam rangka ujian ataupun tes yang diperuntukkan dan diperlukan oleh instansi lain dalam merekrut pegawai.Dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS 23. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Jumlah sampel yang dijadikan objek penelitian sebanyak 30 orang yang diambil dari keseluruh Aparatur Sipil Negara yang bertugas pada Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan Kabupaten Tabalong. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data penelitian menggunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji  analisis regresi sederhana.

Kata Kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kesehatan, Ruang Penyakit Dalam

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Dartha, I. K. (2010). engaruh Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat Daerah Kota Malang. Jurnal Administrasi Publik, 6(2), 142-153.

Effendy, F. (2010). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Fahmi, F. H. (2015). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Prestasi Kerja (Studi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan). Jurnal Administrasi Publik, 3(11), 1809-1813.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harlie, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid I. Banjarmasin: Alhaka Publishing.

Hasibuan, M. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Heidjrachman, & Suad, H. (2009). Manajemen Personalia. BFFE: Yogyakarta.

Ishak, A., & Tanjung, H. (2003). Manajemen Motivasi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Pakpahan, E. S. (2014). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Publikasi Administrasi Publik, 2(1), 116-121.

Prasetya, I. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: STIA-LAN Press.

Putri, Y. W. (2014). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Unit Pelaksana Teknis (Upt) Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Jember. Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 1-12.

Robbins, S. P. (2016). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Rozi, V. F. (2019). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Asisten Apoteker Di Instalasi Farmasi RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. Jurnal Administrasi Publik, 14(2), 131-146.

Simamora, H. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi I. Yogyakarta: STIE-YKPN.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thoha, M. (2017). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Published

2023-07-03

How to Cite

Dewi Rusna, & Lilis Suryani. (2023). PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KABUPATEN TABALONG. JAPB, 6(1), 297–309. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/768

Issue

Section

Articles