KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI LIHAT DARI ASPEK RESPONSIVINESS (KETANGGAPAN) DALAM PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM) DI KANTOR KELURAHAN SULINGAN KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Norainah Program Studi Ilmu Administrasi Publik
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas pelayanan publik, aspek responsiviness, sktm

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik di Lihat dari Aspek Responsiviness (Ketanggapan) dalam Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) di Kantor Kelurahan Sulingan, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara (Moleong. 2016), observasi (Arikunto. 2006), dokumentasi (Mulyana. 2001), dan Triangulasi (Moloeng. 2007). Serta menganalisis data melalui pengumpulan data, kondensiasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (Miles, Huberman  dan Saldana (2014). Diambil data oleh Lurah, Sekretaris  dan 3 orang masyarakat Sulingan sebagai proses penelitian wawancara setelah data terkumpul dan di analisa data sesuai dengan pendapat yang dikemukan oleh Miles, Huberman  dan Saldana (2014). Menurut Hardiyansyah (2011), mengatakan bahwa kualitas pelayanan publik adalah pelayanan yang diberikan kepada penerima layanan sesuai dengan standar pelayanan yang telah dibakukan sebagai pedoman dalam memberikan layanan. Terdapat lima aspek dalam pengukuran kualitas pelayanan publik, yaitu: “Tangible (Berwujud), Reability (Kehandalan), Responsiviness (Ketanggapan), Assurancce (Jaminan), dan Emphaty (Empati)”. Pelayanan publik adalah melayani keperluan orang atau masyarakat atau organisasi yang memiliki kepentingan pada organisasi, sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang ditentukan dan ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada penerima layanan.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Publik di lihat dari Aspek Responsiviness (Ketanggapan) dalam Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) di Kantor Kelurahan Sulingan, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong dinyatakan berkualitas sesuai pedoman wawancara bahwa 4 informan menjawab baik.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Publik, Aspek Responsiviness (Ketanggapan), Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Afif Amrulloh Suganda. (2013). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Pos Kabupaten Klaten.

Ahmad Kevin Maulana, Endang Larasati. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang.

Arikunto. (2006 : 231). Mendefinisikan Metode Dokumen.

Atep Adya Barata. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Yudhistira.

Dr. Harbani Pasolong, M. Si. (2016). Metode Penelitian Admnistrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Fariz Zaky Yopiannor. (2017). Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu di Kelurahan Muara Tuhup, Kecamatan Laung Tuhup, Kabupaten Murung Raya.

Joko Susanto dan Zepa Anggraini. (2019). Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Camat Tabir Ulu Kabupaten Merangin.

Kasmir. (2006). Ciri - Ciri Pelayanan Publik.

Margono dan Mulyana. (2001). Tentang Observasi.

MENPAN NO.63 / KEP . M.Pan. (2003). Tentang Azas, Prinsip dan Standar Pelayanan Publik.

Miles, Huberman dan Saldana. (2014 : 14). Teknis Analisis Data Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi.

Mulyadi. (2016). Administrasi Publik untuk Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Alfabeta.

Nur Rabiah Ulfa Sukring. (2016). Kualitas Pelayanan Publik Administrasi Kependudukan dalam Memenuhi Kepuasan Masyarakat (Study pada Kantor Camat Kadia Kota Kendari).

Pasal 1 Undang-undang No 25. (2009). Tentang Pelayanan Publik.

Pasal 3 Undang-undang No 25. (2009). Tentang Tujuan Pelayanan Publik.

Peraturan Daerah (PERDA) No. 16. (2014). Tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Kelurahan Sulingan, Kecamatan Murung Pudak, kabupaten Tabalong.

Prof. Dr. Deddy Mulyadi, M.Si., Dr Hendrikus T. gedeona Nur Afandi, S.Pd., M.T. (2018). Administrasi Publik untuk Pelayanan Publik. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tim Penulis. (2019). Pedoman Penyusunan dan Penulisan Skripsi. STIA TABALONG.

Van Looy dan Hardiyansyah. (2011). Aspek Kualitas Pelayanan Publik.

Zeithaml dan Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik, Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Gava Media.

Published

2023-07-03

How to Cite

Norainah, & Jauhar Arifin. (2023). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI LIHAT DARI ASPEK RESPONSIVINESS (KETANGGAPAN) DALAM PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (SKTM) DI KANTOR KELURAHAN SULINGAN KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG. JAPB, 6(1), 268–274. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/759

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>