ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT PENGANTAR NIKAH PADA KANTOR DESA GARAGATA KECAMATAN JARO KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Muhammad Risqi Program Studi Administrasi Publik
  • Jamaluddin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

analisis, kualitas pelayanan, surat pengantar nikah

Abstract

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Pengantar Nikah Pada Kantor Desa Garagata Kecamatan Jaro Kabupaten. Pelayanan publik merupakan suatu usaha yang dilakukan kelompok atau seseorang birokrasi untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu. Pelayanan administrasi yang diselenggarakan oleh pemerintah Desa Garagata Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong salah satunya yaitu Pembuatan Surat Pengantar Nikah. Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2018 tentang Pencatatan Perkawinan Pendaftaran kehendak perkawinan dilakukan di KUA Kecamatan tempat akad dilaksanakan Pendaftaran kehendak perkawinan dilakukan paling lama 10 (sepuluh) hari kerja sebelum dilaksanakan perkawinan. Dalam hal pendaftaran kehendak perkawinan dilakukan dari 10 (sepuluh) hari kerja, calon pengantin harus mendapat surat dispensasi dari camat tempat akad dilaksanakan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa Faktor-Faktor Apa Sajakah Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Pengantar Nikah Pada Kantor Desa Garagata Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong. Jenis dan Pendekatan Penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif. Deskriptif adalah bagian dari penjelasan atau penulisan setiap variabel, dengan memaparkan situasi atau peristiwa yang terjadi dalam objek penelitian kuantitatif. Kuantitatif adalah penelitian yang berlandsakan pada filsafat positivism, digunakan untuk meneliti populasi dan sampel tertentu. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Sampel yang diambil berjumlah 30 orang.. Teknik analisis dideskripsikan dengan cara menggunakan analisis persentase. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Pengantar Nikah Pada Kantor Desa Garagata Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong dikategorikan berkualitas.

Kata Kunci : Analisis, Kualitas Pelayanan, Surat Pengantar Nikah

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ali, M. (2014). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadi, S. (2014). Pengertian Observasi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Kartiwa, A. (2015). Metode Penelitian Administrasi (Vol. 1). Bandung: Pustaka Setia.

Kasmir. (2014). Kualitas Pelayanan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Martono, N. (2015). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Moenir. (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyadi, D. (2016). Administrasi Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Cv. Alfabeta.

Pasolong. (2016). Teori Administrasi Publik. Bandung: Cv. Alfabeta.

Pasolong, H. (2012). Data Sekunder. Yogyakarta: Cv. Alfabeta.

Sinambela. (2010). Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono. (2007). Kualitas Pelayanan. Yogyakarta: ANDI.

Sumber Jurnal Internet

(Daraba, 2015) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Rangka Mewujudkan Pemerintahan Yang Baik Di Kabupaten Takalar.

(Gamal, 2018) Analisis Kualitas Pelayanan Di Kantor Kelurahan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara.

(Juliansyah, 2018) Analisis Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kelurahan Bugis Kota Samarinda.

(Khainuddin, 2019) Analisis Kualitas Pelayanan Publik Rawat Inap Pada Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam.

(Pristiria, 2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Pertahanan Kota Semarang.

Dokumen – Dokumen Lainnya

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 Tentang Desa.

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Republik Indonesia. 2018. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2005 Tentang Desa.

Republik Indonesia. 2003. Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor :63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Pelayanan Publik.

Republik Indonesia. 2018. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Pencatatan Perkawinan.

Published

2023-07-03

How to Cite

Muhammad Risqi, & Jamaluddin. (2023). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT PENGANTAR NIKAH PADA KANTOR DESA GARAGATA KECAMATAN JARO KABUPATEN TABALONG. JAPB, 6(1), 224–234. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/755

Issue

Section

Articles