ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE FULL COSTING PADA CV.YAZID BERSAUDARA FARM KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Ismayanti Program Studi Administrasi Bisnis
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

biaya, harga pokok produksi, metode full costing

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi  pada perusahan CV.Yazid Bersaudara Farm Kabupaten Tabalong dengan metode full costing dan untuk mengetahui perbedaan antara perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode full costing dengan yang tidak menggunakan metode tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penentuan harga pokok produksi pada Cv.Yazid Bersaudara Farm dalam sebulan menghasilkan 37.280 ( tiga puluh tujuh ribu dua ratus delapan puluh ) telur. Usaha peternakan ayam petelur hanya menghitung biaya bahan baku, tenaga kerja, biaya overhead pabrik variabel dengan jumlah biaya biaya produksi keseluruhan Rp.462.567.294,- : 37.280 produk, maka dapat harga pokok produksi per kilo Rp.12 Dan total biaya produksi yang dihasilkan menggunakan metode full costing adalah sebesar Rp.700.181.794,- : 37.280, sedangkan harga pokok produksi per kilonya yaitu Rp.19. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perhitungan harga pokok produksi yang di lakukan perusahaan lebih rendah dari hasil perhitungan full costing akan tetapi perhitungan dengan metode full costing lebih rinci dan sudah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Kata Kunci: Biaya, Harga Pokok Produksi, Metode Full Costing.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Anggraini, R., & Mulatsih, E. S. (2018). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Tekwan dan Model. JEMBATAN : STIE Mulia Darma Pratama.

Arikunto, S. (2006). Metode penelitian Kualitatif. Jakarta : Bumi Aksara.

Bahri, R. (2018). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Produk (Studi Empiris Pada Umkm Dendeng Sapi Di Banda Aceh. Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Universitas Syiah Kuala.

Bustami, B. &. (2010). Akuntansi Biaya Edisi Kedua. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Daljono. (2011). Akuntansi Biaya Penentuan Harga Pokok dan Pengendalian. Universitas Diponegoro, Semarang.

Elmi, M. (2019). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan. Metode Full Costing Terhadap Harga Jual. (Studi Pada Olahan Pangan Usaha Mikro Gula Habang Arenga Pinnata). JAPB : STIA Tabalong.

Firmanda, R. A. (2015). Penerapan Metode Full Costing Melalui Penghitungan Hpp Sebagai. Jurnal 15154.

Mulyadi. (2007). Akuntansi Biaya. Penerbit Aditya Media. Yogyakarta.

-------------(2010). Akuntansi Biaya. Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.

-------------(2012). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Purnama, D., Muchlis, S., & Wawo, A. (2019). Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Melalui Metode Cost Plus Pricing Dengan Pendekatan Full Costing (Studi pada PT. Prima Istiqamah Sejahtera di Makassar). JRAK : UIN Alauddin Makassar.

Siregar. (2014). Akuntasi Biaya Edisi Ke 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian & RND. Bandung: Alfabeta.

Supriyono. (1999). Akuntasi Biaya. Yogyakarta: PT Gramedia.

Published

2023-07-03

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>