PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MINIMARKET CITI MART MABUUN

Authors

  • Erviani Program Studi administrasi Bisnis
  • Kiswanul Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

store atmosphere, Keputusan Pembelian, minimarket

Abstract

Era globalisasi menjanjikan suatu peluang dan tantangan bisnis baru bagi perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Era globalisasi memperluas produk dari perusahaan Indonesia dan di sisi lain, keadaan tersebut memunculkan persaingan yang makin ketat baik antar perusahaan domestik maupun perusahaan asing. Seperti halnya yang terjadi pada industri ritel nasional dimana perkembangan jumlah ritel di Indonesia terus bertambah secara pesat seperti supermarket, hypermarket, minimarket, dan ritel lainnya yang terus bermunculan.Tujuan penelitian ini ingin mengetahui dan menganalisa (1) untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada minimarket citi mart mabuun, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada minimarket citi mart mabuun. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data primer dan sekunder. Dengan populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang dan sampel yang diambil berjumlah 60 responden dengan teknik metode penarikan sampel acak sederhana (Sample Random Sampling). Alat bantu analisis dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistical Package For Social Science) versi 26. Berdasarkan hasil dari penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) ada pengaruh store atmosphere (X) terhadap keputusan pembelian (Y) produk pada minimarket citi mart mabuun, (2) besarnya pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada minimarket citi mart mabuun adalah sebesar 61,6 %, sisanya sebesar 38,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar dari variabel yang diuji.

Kata Kunci : Store Atmosphere dan Keputusan Pembelian  

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ariyanto, A. A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart BSD Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 29-36.

Barry Berman, J. R. (2010). Retail Management A Strategic Approach . London, Britania Raya : Pearson Education .

Foster, B. (2008). Manajemen Ritel . Bandung : Alfabeta .

Kotler, A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran . Jakarta : Erlangga.

Lutfi, S. a. (2017). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian: Pada Pasar Umum Pasirian Lumajang. Jurnal ilmu manajemen advantage, 40-51.

Martono, N. (2015). Metode Penelitian Sosial : Konsep - Konsep Kunci. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Nursanti, T. D. (2012). Analisis Pengaruh Suasana Toko, Variasi Merchandise, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Aksesoris Gadget: Studi Kasus Gerai Wellcommshop Mal Citraland. Binus Business Review, 356-373.

Pallant, J. (2011). SPSS Survival Manual. In A Step By Step Guide To Data Analysis Using SPSS for Windows four edition. Australia: Allen and Unwin.

Philip T. Kotler, G. A. (2017). Principles Of Marketing. London, Britania Raya : Pearson Education .

Santoso, S. (2008). Panduan Lengkap Menguasai SPSS 16 . Jakarta : Elex Media Komputindo .

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif : Untuk penelitian yang bersifat : eksploratif, enterperatif, interaktif, dan konstruktif. Bandung : Alfabeta .

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiorini, I. (2017). Pengaruh Store atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Eramart Tenggiri Samarinda. Journal of Menegement and Bussines , 511-520.

Tansala, D. T. (2019 ). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian di gramedia Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) , 21-27.

Tjiptono, F. (2014). Strategi Pemasaran . Yogyakarta : ANDI .

Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel . Jakarta : Salemba Empat .

Published

2023-07-03

How to Cite

Erviani, & Kiswanul Arifin. (2023). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MINIMARKET CITI MART MABUUN. JAPB, 6(1), 161–171. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/746

Issue

Section

Articles