IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DILIHAT DARI ASPEK KOMUNIKASI PADA KANTOR DESA PURAI KECAMATAN BANUA LAWAS KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Dewi Rahmanyanti Program Studi Ilmu Administrasi Publik
  • Rahmi Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

implementasi, program bantuan, komunikasi

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui dan menganalisa bagaimanakah Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dilihat dari Aspek Komunikasi pada Kantor Desa Purai Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Penelitian deskriptif merupakan tipe penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan sebuah karakter suatu variabel kelompok atau gejala sosial yang sedang terjadi di tengah masyarakat, sedangkan pendekatan Kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivism, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dengan pihak-pihak yang terlibat dalam Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Populasi dalam penelitian ini berjumlah lima orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah Pendamping BPNT, Kasi Kesejahteraan Rakyat, dan Masyarakat penerima BPNT bejumlah tiga orang. Sumber data primer diperoleh dari hasil observasi, wawancara, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari hasil dokumentasi atau arsip dari Kantor Desa Purai Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data yang dikemukakan oleh Milles Humberman. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dilihat Dari Aspek Komunikasi Pada Kantor Desa Purai Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong dikategorikan Terimplementasi.

Kata Kunci : Implementasi, Program Bantuan, Komunikasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Agustino, L. (2008 ). Dasar Dasar Kebijakan Publik . Bandung : Alfabeta .

Anwar, D. P. (2020). Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dinas Sosial Dalam Menanggulangi Kemiskinan di Kelurahan Sisir Kecamatan Batu Kota Batu. Respon Publik, 1-7.

Azizah. (2020). Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Melalui E-Warung Di Kelurahan Alalak Selatan Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Doctoral dissertation, Universitas islam kalimantan MAB, 22-32.

Hasibuan. (2006). Manajemen dasar, pengertian dan masalah . Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, M. (2019). mplementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) DI Kecamatan Kuranji Kota Padang. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik, 66-68.

Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kualitatif : Analisis isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.

Mattew B. Milles, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Mulyadi, A. (2019). Implementasi Kebijakan Bantuan Pangan Non Tunai di Kelurahan Cikondang Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi. Ilmu Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik , 76-80.

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT. ROSDAKARYA.

Normili. (2018). Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Talan Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Ilmu Administrasi Publik, 11-24.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif : Untuk penelitian yang bersifat : eksploratif, enterperatif, interaktif, dan konstruktif. Bandung : Alfabeta .

Suharto, E. (2005). Analisis Kebijakan Publik . Bandung : Alfabeta .

Tresiana, N. (2021). Implementasi Kebijakan Publik . Semarang : Suluh Media .

Published

2023-07-03

How to Cite

Dewi Rahmanyanti, & Rahmi Hayati. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DILIHAT DARI ASPEK KOMUNIKASI PADA KANTOR DESA PURAI KECAMATAN BANUA LAWAS KABUPATEN TABALONG. JAPB, 6(1), 151–160. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/745

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)