PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PENYEDIAAN AIR MINUM SANITASI BERBASIS MASYARAKAT ( PAMSIMAS ) DI DESA BONGKANG RT. 06 KECAMATAN HARUAI KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Darsanudin Program Studi Administrasi Publik
  • Wahyu Subadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

partisipasi masyarakat, pembangunan, pamsimas

Abstract

Program PAMSIMAS adalah salah satu program andalan pemerintah dalam penyediaan air minum dan sanitasi bagi masyarakat di perdesaan dan pinggiran kota dengan pendekatan yang berbasis masyarakat. Permasalahan dari penyediaan air bersih dan sanitasi lingkungan yang buruk adalah rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Masih banyak penduduk Indonesia yang buang air besar sembarangan tentu menyebabkan buruknya kualitas air di Indonesia terutama pada sumber-sumber air yang seharusnya menjadi sumber penghidupan warga, masyarakat Indonesia masih sering membuang limbah rumah tangga dan sampah di sungai-sungai. Masalah yang kedua, adalah rendahnya alokasi APBD tiap daerah yang digunakan untuk memperbaiki layanan air bersih dan sanitasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis tentang tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pembangunan PAMSIMAS di Desa Bongkang Rt.06 Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong. (2) Untuk menganalisis faktor apa saja yang mengganggu Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pembangunan PAMSIMAS di Desa Bongkang Rt.06 Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong. Penelitian yang digunakan adalah jenis metode deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program penyediaan sarana air minum sanitasi berbasis masyarakat di Desa Bongkang Rt.06 Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong dapat diberikan kesimpulan bahwa partisipasi masyarakat cukup tinggi dengan jumlah presentase yang diperoleh hasil 42%.

Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Pelaksanaan Pembangunan PAMSIMAS

References

DAFTAR PUSTAKA

Adisasmita, R. (2006). Membangun Desa Partisipatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Afifuddin. (2012). Pengantar Administrasi Pembangunan. Bandung: Alfabeta.

Cahyadi, R., & Syairudin, B. (2016). Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Desa Sengon, Klaten.

Djalal, F., & Supriadi, D. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita.

Echols, J. M., & Shadily, H. (2000). Kamus Inggris Indonesia An EnglishIndonesia Dictionary. Jakarta: PT. Gramedia.

Effendi, B. (2002). Pembangunan Ekonomi Daerah Berkeadilan. Yogyakarta: Kurnia Alam Semesta.

Hamijoyo. (2007). Partisipasi Dalam Pembangunan. Jakarta: Depdikbud RI.

Isbandi. (2007). Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas: dari Pemikiran Menuju Penerapan. Depok: FISIP UI Press.

Kartiwa, A. (2015). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Pustaka Setia.

Marulis, Putro, T. S., & Maulida, Y. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Program Penyediaan Air Minumdan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Desa Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Pekbis Jurnal , 12, 148-159.

Muhammad Ali. (1987). Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Muhammad Ali. (1985). Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Mulya, D., Moelyono, M., & Hamzens, W. P. (2016). Analisis Partisipasi Masyarakat dan Manfaat Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Desa Marana Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala.

Mustanir, A., & Darmiah. (2016). Implementasi Kebijakan Dana Desa dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Desa Tetetaji Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Politik Profetik , Volume 4, No. 2.

Riggs, F. W. (1996). Administrasi Pembangunan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Rosenbloom, D. H., & Kravchuk, R. S. (2005). Public Administration:Understanding Management, Politics, and Law in the Public Sector. Boston: McGraw-Hill.

Siagian, S. P. (1985). Administrasi Pembangunan. Jakarta: Bumi Aksara.

Slamet. (2003). Membentuk Pola Pikir Manusia Pembangunan. Bogor: IPB. Press.

Sufriyadi, D., & Zakaria. (2021). Partisipasi Masyarakat dalam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS)di Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia , 2.

Suharto, E. (2006). Membangun Masyarakat Memperdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Sunarti. (2003). Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Perumahan Secara Kelompok. Jurnal Tata Loka .

Supriatna, T. (2000). Prinsip-prinsip Pembangunan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tri, Rosyani, & Hutwan. (2021). Analisis Partisipasi Masyarakat Pada Program Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) di Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Jurnal Pembangunan Berkelanjutan , 4 (1), 21-30.

Published

2023-07-03

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)