PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DI KECAMATAN JARO KABUPATEN TABALONG DALAM PERSPEKTIF PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PADA OBJEK WISATA GOA LIANG TAPAH, EMBUNG SAWAH, DAN AIR TERJUN LANO)

Authors

  • Annisa Fahriyah Program Studi Administrasi Publik
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

objek wisata, pengembangan wisata, tabalong

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengembangan objek wisata di Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong dalam Prespektif Pelayanan Publik. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis penelitian case study research (studi kasus) dan bersifat deskriptif, penelitian kualitatif bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami suatu makna dari berbagai masalah sosial. Populasi dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang. Penelitian ini dilakukan dengan Teknik pengumpulan data yaitu dikemukakan oleh Milles Humberman yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan pihak-pihak yang terlibat dalam pengembangan objek wisata di Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong dalam prespektif pelayanan publik. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Pariwisata berjumlah satu orang, Ketua POKDARWIS berjumlah tiga orang, Pengunjung Objek Wisata berjumlah tiga orang. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dan data dokumentasi atau arsip dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Pengembangan objek wisata di kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong dalam perspektif pelayanan publik di katakan masih belum berkembang. Karena masih belum maksimalnya pengembangan yang dilihat dari perspektif pelayanan publik sebagai acuan untuk meningkatkan pengembangan pada suatu objek wisata. Faktor penghambat pengembangan objek wisata di Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong yaitu, Terbatasnya SDM yang profesional di bidang Pariwisata dalam hal Ekonomi Kreatif dan Strategi Pengembangan Pariwisata, tidak adanya kerjasama dengan pihak swasta, permasalahan dalam status kepemilikan tanah, dan sarana dan prasarana yang belum memadai dikarenakan keterbatasan dana.

Kata Kunci : Pengembangan, Objek Wisata, Goa Liang Tapah

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Aimanshur, M. D. (2017). Metodologi peneiltian kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Asmariva, H. R. (2017). Strategi Pengembangan Kawasan Objek Wisata Candi Muara Takus. Jurnal Ilmu Administrasi Negara , 349-355.

Attar, M. L. (2013). Analisis potensi dan arahan strategi kebijakan pengembangan desa ekowisata di Kecamatan Bumiaji-Kota Batu. Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, 68-78.

Dwiyanto, A. (2008). Mewujutkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: UGM Press.

Gaebler, D. O. (2005). Mewirausahakan birokrasi (reinventing government): mentransformasi semangat wirausaha ke dalam sektor publik. Jakarat: PPM Manajemen .

Karyono, A. H. (1997). Kepariwisataan . Jakarta : Grasindo.

Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Analisis isi dan Analisis Sekunder. Jakarta : Rajawali Pers.

Mattew B. Milles, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Moleong. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Primadany, S. R. (2013). Analisis strategi pengembangan pariwisata daerah (studi pada dinas kebudayaan dan pariwisata daerah kabupaten nganjuk). Doctoral dissertation, Brawijaya University, 45-56.

Rahawarin, Y. Y. (2021). Implementasi Strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong Dalam Pengembangan Wisata Alam di Taman Wisata Alam Klamono Provinsi Papua Barat. Jurnla Ilmu Administrasi Negara , 270-279.

Rijali, S. (2020). Pengembangan Objek Pariwisata di Kabupaten Biak Numfor Dalam Prespektif Pelayanan Publik . Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara , 454-469.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta .

Published

2023-07-03

How to Cite

Annisa Fahriyah, & Budi Setiawati. (2023). PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DI KECAMATAN JARO KABUPATEN TABALONG DALAM PERSPEKTIF PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PADA OBJEK WISATA GOA LIANG TAPAH, EMBUNG SAWAH, DAN AIR TERJUN LANO). JAPB, 6(1), 103–113. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/741

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)