IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBANGUNAN INFRASTUKTUR DESA DENGAN ALOKASI DANA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN DI DESA PAKACANGAN KECAMATAN AMUNTAI UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Ahmad Afdaludin Program Studi Administrasi Publik
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

implementasi, kebijakan, pembangunan infrastruktur

Abstract

Implementasi kebijakan adalah tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok pemerintah atau sektor swasta untuk mencapai tujuan yang ditentukan dalam keputusan kebijakan sebelumnya. Dana desa sepenuhnya ditujukan untuk memfasilitasi pembangunan dan pemberdayaan desa sesuai dengan yang diamanatkan oleh Undang-Undang dan ketetapan yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia. Dana Desa digunakan untuk membiayai pembangunan desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas hidup, serta penanggulangan kemiskinan. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui dan menganalisa bagaimanakah Implementasi Kebijakan Pembangunan Infrastruktur Desa Dengan Alokasi Dana Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Di Desa Pakacangan Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Metode dalam penelitian ini menggunakan tipe Penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah lima orang informan. Penelitian ini dilakukan dengan Teknik pengumpulan data yaitu dikemukakan oleh Milles Huberman yaitu Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi, dengan pihak – pihak yang terlibat dalam implementasi kebijakan pembangunan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kepala desa, aparat desa dan masyarakat desa berjumlah tiga orang. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dan data dokumen atau arsip dari Desa Pakacangan Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara. Berdasarkan hasil penelitian maka implementasi kebijakan pembangunan infrastuktur desa dengan alokasi dana desa dalam pemberdayaan masyarakat miskin di desa pakacangan kecamatan amuntai utara kabupaten hulu sungai utara. Telah Terimplementasi, hal ini dapat dibuktikan dari hasil wawancara dan data dokumen atau arsip dari Desa Pakacangan Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara, maka dari itu implementasi kebijakan pembangunan infrastuktur desa dikategorikan sudah Terimplementasi

Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, pembangunan infrastruktur

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Azizah, l. S. (2020). Pembangunan partisipatif masyarakat desa: studi implementasi program alokasi dana desa di kecamatan kledung kabupaten temanggung. Journal of Maritime and Education (JME), 134-141.

Makmur, A. (2020). Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa (Add) dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Journal I La Galigo: Public Administration Journal, 32-39.

Mamonto, N. I. (2018). Implementasi Pembangunan Infrastruktur Desa Dalam Penggunaan Dana Desa Tahun 2017 (Studi) Desa Ongkaw Ii Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Eksekutif , 128-134.

Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Analisis isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.

Mattew B. Milles, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia (UI-Press).

Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung : 'PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Retnoningsih, S. A. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish .

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta .

Winarni, F. a. (2016). Impementasi Kebijakan Dana Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Di Desa Wukirsari, Kabupaten Sleman. NATAPRAJA, 4.1.

Winarno, B. (2014). Kebijakan publik : teori, proses, dan studi kasus . Yogyakarta: CAPS.

Wisakti, D. (2008). mplementasi kebijakan alokasi dana desa di wilayah kecamatan geyer kabupaten grobogan. Doctoral dissertation, 145-152.

Published

2023-07-03

How to Cite

Ahmad Afdaludin, & Budi Setiawati. (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBANGUNAN INFRASTUKTUR DESA DENGAN ALOKASI DANA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN DI DESA PAKACANGAN KECAMATAN AMUNTAI UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. JAPB, 6(1), 70–80. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/738

Issue

Section

Articles