IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KAMPUNG KB DI KECAMATAN AWANG KABUPATEN BARITO TIMUR (STUDI KASUS PADA DESA WUNGKUR NANAKAN)

Authors

  • Sukma Pandaya Program Studi Administrasi Publik
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

implementasi, kebijakan, program kampung kb

Abstract

Implementasi Kebijakan program kampung KB di Kecamatan Awang (Studi kasus pada desa Wungkur Nanakan Kec.Awang Kab.Barito Timur). Kampung KB adalah  suatu wilayah setingkat RW, dusub atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan penduduk, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta sektor terkait yang dilaksanakan secara sistematik dan sistematis dan jua wujud dari pelaksanaan agenda prioritas pembangunan Nawacita ke 3,5 ,dan 8, memenuhi kebutuhan masyarakat dari sisi kewilayahan dan pembinaan karakter bangsa dari keluarga, satuan wiayah setingkat rukun warga, dusun atau setara dengan kriteria tertentu. Penelitian ini mengunakan metode penelitian Studi kasus, dengan pendekataan penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis data dalam situs yang dikembangkan oleh Miles Huberman. Pengumpulan data penelitian diperoleh dari melakukan wawancara terhadap 3 orang informan, dan teknik analisis data yang dingunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi yang di dalamnya ada 3 indikator yaitu: (1. Tranmisi (2. Kejelasan. (3. Konsistensi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi kebijakan program kampung KB di kecamatan Awang (Studi kasus pada desa wungkur Nanakan kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur) dapat dikategorikan Terimplementasi.

Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, Program kampung KB

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Normajatun, S. H. (n.d.). Implementasi Kebijakan Program Kampung Keluarga Berencana Kampung Baiman (Kkb-Kb).

Shintavianty, A. (2018). Implementasi Kebijakan Program Kampung KB dalam pengendalian penduduk di desa cianjur. UIN

Maulana, D. (2012). Implementasi kebijakan program kampung KB di Desa rawak hulu.

Rahayu, W. (2018). Implementasi Kebijakan Program Kampung Keluarga Berencana.

Saefidin. (2013). implementasi kebijakan program kampung KB

Siagian. (1970). fungsi-fungsi yang “berdiri sendiri”. Siagian, 1970:143-144, 143-144.

Suharso, D. D. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cetakan Pertama. Semarang: Widya Karya. Suharso, 2005:136, 136.

Sunggono, B. (1994). Kebijakan Publik. Bambang Sunggono, 1994:23-24, 23-24.

Wahab, A. (1990). Analisis Kebijakan Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta : Bumi Aksara. Wahab 1990:47-48, 47-48.

Winamo, B. (2016). Kebijakan Publik Era Globalisasi : Teori, Proses dan Studi Komparatif. Yogyakarta : CAPS. Winamo, B. (2016).

Zultha, N. (2017). Implementasi Program Kampung KB dalam upaya penangulangan kemiskinan.

Published

2023-07-03

How to Cite

Sukma Pandaya, & Budi Setiawati. (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KAMPUNG KB DI KECAMATAN AWANG KABUPATEN BARITO TIMUR (STUDI KASUS PADA DESA WUNGKUR NANAKAN). JAPB, 6(1), 61–69. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/737

Issue

Section

Articles