SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PROSES PELAYANAN PENERBITAN SIM (SURAT IZIN MENGEMUDI) PADA SATPAS SATLANTAS POLRES BARITO TIMUR

Authors

  • Muhammad Rifki Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

survei kepuasan masyarakat, pelayanan, surat izin mengemudi, sim, polres, barito timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan masyarakat dalam proses penerbitan SIM pada Satpas Polres Barito Timur. Subjek penelitian yang digunakan adalah masyarakat yang mendapatkan pelayanan dalam pembuatan SIM di Satpas Polres Barito Timur yang berjumlah 100 orang. Taktik survei di bagi menjadi empat karakteristik yaitu dari jenis kelamin, usia, pendidikan dan pekerjaan .Jeni spenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Kesimpulan dari pengertian penelitian deskriptif menggunakan analisis SKM yaitu suatu penelitian yang menggunakan analisis SKM berupa angka yang selanjutnya ditafsirkan kedalam kalimat-kalimat. Pada unit pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satpas Polres Barito Timur terdata besaran populasi sebanyak 120 responden pada bulan Juni 2021. Penentuan besaran sampel menggunakan tabel sampel dari Krijcie and Morgan sehingga diperoleh sampel sebesar 100 respoden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simpe Random Sampling (Teknik PengambilanSampelSecaraAcak). Metode yang digunakan dalam suvei kepuasan masyarakat dengan pengisian Quisioner secara manual yang berkaitan dengan bidang pelayanan SIM. Dari analisis data dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kepuasan Masyarakat Dalam Proses Penerbitan SIM (Surat Izin Mengemudi) di Kantor Satpas Polres Barito Timur dapat dikategorikan SANGAT BAIK.

Kata kunci: Suvei Kepuasan Masyarakat, Pelayanan, Surat Izin Mengemudi.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, J. (2015). Metode penelitian administrasi publik teori dan aplikasi. Yogyakarta: Gava Media.

Hakim, L. (2017). Pengantar ilmu adimintrasi pemerintahan. Malang: UB Press.

Hidayati, N. M. (2014). Efektivitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dalam Perspektif Pengguna Pelayanan Di Kepolisian Resort Mojokerto. Perspektif Pengguna Pelayanan Di Kepolisian Resort Mojokerto , 50-56.

Kusumawardani, I. P. (2014). Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A,B,C dan D Melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Di Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jombang.

Martono. (2015). Metode Penelitian Sosial Cet ke -1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhammad, A. (2018). Peningkatan kualitas pelayanan public di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Munthe, Y. K. (2018). Kualitas Pelayanan Pembuatan SIM Di Kantor Satlantas Polres Labuhan Batu Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat.

Pasolong. (2012). Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: CV. Alfabeta.

Setyaningsih, I. R. (2009). Kulitas Pelayanan di Kantor Urusan SIM Satlantas Polres Sragen. Kualitas Pelayanan , 20-35.

Silvia, N. (2019). Analisis terhadap kualitas pelayanan prima pada satuan penyelenggara administrasi dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi di Polres Pangkalan Balai. Analisis terhadap kualitas pelayanan prima , 25-30.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D . Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Yunita, N. S. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan , 30-31.

KEPMENPAN Nomor 63 Tahun 2004 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

KEPMENPAN Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>