PERAN CAMAT DILIHAT DARI ASPEK INFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Aulia Rahman Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Eddy Suriyani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

camat, peran, aspek informasional, disiplin kerja, tabalong

Abstract

Peran camat dilihat dari aspek informasional dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai merupakan bentuk kegiatan untuk mendukung dan meningkatkan disiplin kerja pegawai pada kantor kecamatan tanta kabupaten tabalong. Tujuan hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui peran camat dalam meningkatkan dsiplin kerja pegawai pada kantor kecamatan tanta kabupaten tabalong. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan analisis data, dalam teori henry mintzbergh adalah dilihat dari aspek informasional (monitoring,desiminator,public relaction). Mendukung penelitian terdahulu oleh winda helina (2015) tentang kepemimpinan camat dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai kantor kecamatan muara bengkal kabupaten kutai timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam langsung kepada 5 Informan sebagai responden  dan data sekunder diperoleh dari Kantor Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kab.Tabalong serta Kantor Program Kotaku Tanjung. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik analisa data model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi data – data reduction, display, dan conclusion drowing atau veryfication. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukan bahwa, Implementasi Program KOTAKU( Kota Tanpa Kumuh) dalam mengatasi permukiman kumuh di Kelurahan Belimbing Raya Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong diketagorikan sudah “terimplementasi”, dengan pemenuhan indikator elemen program, elemen pelaksana program dan elemen kelompok sasaran terhadap penerima manfaat.

Kata Kunci: Peran  Camat,Aspek Informasional Dan Disiplin Kerja

References

DAFTAR PUSTAKA
Akib, H. & Antonius, T., 2000. Artikulasi Konsep Implementasi Kebijakan: Perspektif Model dan Kriteria Pengukurannya. p. 12.
Azzahra, S. A., 2020. Implementasi Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Di Kota Sukabumi. 2 (2), pp. 26-33.
Charles O, J., 2009. Pilar Aktivitas Dalam Mengoperasikan Program. In: S. E. L. Suryana, ed. Jakarta: s.n., p. 28.
Christianingrum, S. I. & Djumiarti, T., 2019. Implementasi Program Kota Tanpa Kumuh Di Kecamatan Semarang Timur. 8(2), pp. 1-17.
Departemen Pendidikan Nasioanal, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Dinas Pekerjaan Umum, 2009. Karakteristik Prmukiman Kumuh. s.l.:s.n.
Echols, J. M. & Hassan, S., 2000. Kamus Inggris Indonesia An English Indonesia Dictionary. Jakarta: PT.Gramedia.
Huberman, M., Miles, M. B. & Saldana, 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Souce Book. s.l.:Sage Publication.
Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya, 2021. Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Cipta Karya Nomor: 04/Se/Dc/ Tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kegiatan Padat Karya Direktorat Jenderal Cipta Karya. s.l.:s.n.
Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman, 2018. Potret KOTAKU Potret Pembelajaran Praktik Baik Dari Lapangan Program Kota Tanpa Kumuh. s.l.:s.n.
Komarudin, 1997. Menelusuri Pembangunan Perumahan dan Permukiman. Jakarta: Yayasan Realestat Indonesia.
Korten, D. C., 1988. Pembangunan Berdimensi Kerakyatan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Meter, D. V. & Carl, V. H., 1975. The Policy Implementation Process: A Conceptual Framework dalam Administration and Society 6. London: Sage.
Moloeng, L. J., 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif,. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nazir, M., 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.
Pasolong, H., 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 9 Tahun 2015, n.d. tentang Rencana Tata Raung Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2015- 2035. s.l.:s.n.
Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2010, 2010. tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang. s.l.:s.n.
Rahmani, M. R., Arifin, J. & Rijali, S., 2020. Implimentasi Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) dalam Mengatasi Pemukiman Kumuh di Kelurahan Agung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. JAPB , 3(1), pp. 196-212.
Rohimat, D., Rahmawati, R. & Seran, G. G., 2017. Partisipasi Masyarakat Dalam Implementasi Program Kotaku /Pnpm Di Kecamatan Ciawi. Jurnal GOVERNANSI, 3(2), pp. 71-80.
Satria, A., 2015. Definisi Implementasi Dan Teori Implementasi oleh Para Ahli Didalam sebuah kebijakan. [Online] Available at: https://www.materibelajar.id/2015/12/definisi-implementasi-dan-teori.html
[Accessed 1 10 2021].
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong, 2021. Pedoman Penulisan skripsi. Tabalong: s.n.
Soenarko, 2005. Pengertian Pokok untuk Memahami dan Analisa Kebijakan Pemerintah. Surabaya: Airlangga University Press.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Surat Keputusan (SK) Bupati Tabalong Nomor 188.45/189/2018 , 2018. tentang penetapan Lokasi Permukiman Kumuh di Kabupaten Tabalong. s.l.:s.n.
Surat Keputusan (SK) Bupati Tabalong Nomor 188.45/610/2019 , 2019. tentang pembentukan Kelompok Kerja Perumahan dan Permukiman Kabupaten Tabalong. s.l.:s.n.
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011, 2011. tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. s.l.:s.n.
Zuliyanti, D., 2017. Implementasi Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) Sebagai Model Pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat Di Kelurahan Negeri Olok Gading Kecamatan Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung.

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>