EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) KELILING PADA SATUAN LALU LINTAS POLRES TABALONG

Authors

  • Yogi Saptahadi Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

simling, polres, tabalong, pelayanan, efektif, SIM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ke efektifan Pelaksanaan Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling Yang dilaksanakan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tabalong apakah mampu memberikan pelayanan secara efektif bagi masyarakat,namun ada beberapa kekurangan masih yang perlu dibenahi dalam pelaksanaan Pelayanan Mobil Sim Keliling tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa keberadaan Pelaksanaan Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling Yang dilaksanakan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tabalong mampu memberikan rasa nyaman, kemudahan serta ke efektifan dalam mendapatkan atau mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi pada layanan Mobil Sim Keliling tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi Keliling sudah efektif dan diharapkan Peran luas atas pelaksanaan pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi Keliling ini mampu menjamah di setiap kecamatan, sehingga dapat memepermudah masayarakat dalam melakukan perpanjangan surat izin Mengemudi (SIM) Tersebut serta mendisiplinkan jadwal atau waktu kedatangan layanan mobil sim keliling tersebut.

Kata Kunci : Simling, Lantas, Pelayanan yang Efektif

References

DAFTAR PUSTAKA
Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik, Pembaruan. Yogyakarta.
Maleong, Lexi. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja, Bandung.
Pasalong, Harbani. 2008. Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung
Poltak Sinambela, Lijan. 2011. Reformasi Pelayanan Publik, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Rahmayanti. 2010. Prinsip – Prinsip Pelayanan, 88, Jakarta
Ridha. 2008. Efektivitas Pelayanan Publik Pada Kantor, Jurnal Ekonomi dan Informasi Akutansi (Jenius) Vol. 2 No. 2, 124
Riezky D.B, Wijaya. 2012. Keefektifan SIM Corner dalam Pelayanan Perpanjangan SIM di Surabaya. Program Studi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Airlangga.
Rosda Karya Moenir, H.A.S. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Sedarmayanti. 2001. Dasar – Dasar Pengetahuan Tentang Manajemen Perkantoran, Mandar Maju, Bandung.
Sondang, Siagian. P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa, Bayu Media Publising, Malang.
Undang – Undang Republik Indonesia No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>