EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN BARABAI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

Authors

  • Nuvrida Iriyanti Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Rahmi Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

efektivitas, kinerja, ASN, pelayanan publik

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu, (1) untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas kinerja pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) ditinjau dari aspek pencarian sumber daya pada Kantor Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah; (2) Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang menghambat efektivitas kinerja pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) ditinjau dari aspek pencarian sumber daya pada Kantor Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pengumpulan data, yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di Kantor Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pemikiran dan masukan bagi pemerintah daerah di Kecamatan Barabai Kabupaten Huu Sungai Tengah dalam upaya peningkatan kinerja pegawai dalam pelaksanaan tugas pemerintahan di masa mendatang. Dan bagi peneliti juga dapat mengetahui efektivitas kinerja pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) ditinjau dari Aspek Pencarian Sumber Daya pada Kantor Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah sudah sangat efektif. Hal itu dinilai dari hasil wawancara dari para pegawai dan dilihat dari kinerja para pegawai yang menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan, dan kinerja yang diberikan sesuai dengan indikator kinerja pegawai. Hal itu juga sesuai dengan faktor kemampuan dan motivasi yang dimiliki oleh sumber daya.

Kata Kunci : Efektivitas, Kinerja, Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), Pelayanan Publik

References

DAFTAR PUSTAKA
Erawati, I., Darwis, M., & Nasrullah, M. (2017). Efektivitas Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Office, 3(1), 13-18.
Handoko. (2006). Pengantar Manajemen. Jakarta: Gramedia.
Maeyasari, E. (2015). Pengaruh Efektivitas Penerapan Absensi Finger Print Terhadap Disiplin Pegawai Negeri Sipil Di Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak.
Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Martono, N. (2015). Metode Penelitian Sosial : Konsep-konsep Kunci. Jakarta: Rajawali Pers.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.
Misnawati. (2016). Efektivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 4(1).
Pasolong, H. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Putra, A. S. (2015). Efektivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Dalam Pelayanan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Betaayu Kabupaten Tana Tidung.
Putra, T. A., & Sadad, A. (2018). Efektivitas Kinerja Pegawai Kantor Camat Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Online Mahasiswa, 5(1), 1-15.
Rahman, M. A. (2013). Efektifitas Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. UNG REPOSTORY.
Robbins, S. P. (2008). Perilaku Organisasi. (D. B. Molan, Trans.) Klaten: PT. Intan Sejati.
Siagian, S. P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Simanjuntak, P. J. (2005). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: FE UI.
Steers, R. M. (2005). Efektifitas Organisasi. (M. Jamin, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Tika, M. P. (2006). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>