EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA (BLT-DD) BAGI MASYARAKAT MISKIN YANG TERDAMPAK COVID-19 DI DESA MUARA KUARO KECAMATAN MUARA KOMAM KABUPATEN PASER

Authors

  • Anisa Hidayah Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Wahyu Subadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

efektivitas, program, bantuan langsung tunai, dana desa, bltdd

Abstract

Program tentang Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk masyarakat miskin merupakan suatu masalah kefektivitas dalam kegiatan tersebut. Oleh karena itu  Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui dan menganalisis Efektivitas Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Bagi Masyarakat Miskin Yang Terdampak Covid-19 Di Desa Muara Kuaro Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser. Baik dari segi Kualitas, Kuantitas dan Waktu. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan metode yang mendekatkan dengan fenomena-fenomena yang diambil dari langkah-langkah pengumpulan data baik dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif dengan menggunakan analisis data Miles , Huberman dan Saldana (2014). Adapun model interaktif ini sebagai berikut : -Pengumpulan data,  yaitu data yang dikumpulkan dalam suatu penelitian. -Kondensasi data, yaitu proses memilih, menyederhanakan, mengabstrakkan dan menstransformasikan data yang mendekati keseluruhan bagian dari catatan – catatan lapangan secara tertulis. -Penyajian data,  yaitu merupakan tujuan utama kedua kegiatan analisis data kualitatif. Secara umum, penyajian data dalah sebuah bentuk kumpulan data yang terorganisir, informasi, yang mendorong memungkinkan menggambarkan kesimpulan dan tindakan. -Penarikan Kesimpulan, yaitu menginterprestasikan hal-hal apa yang tidak berpola, penjelasan-penjelasan, alur kalusal, dan proposisi penelitian. Pengambilan kesimpulan juga dapat diverifikasi sebagai tahap analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka dapat diambil kesimpulan bahwa Efektivitas Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Bagi Masyarakat Miskin Yang Terdampak Covid-19 di Desa Muara Kuaro Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser dapat dikategorikan sudah efektif.

Kata kunci: Efektivitas, Program, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

References

DAFTAR PUSTAKA
Dunn, W. N., 2005. Analis Kebijakan Publik. In: Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Gibson, J. J., 2011. Organisasi Perilaku Struktur dan Proses. In: Jakarta: Peneterbit Erlangga.
Gie, T. L., 2011. Ensiklopedia Administrasi. In: Jakarta: Penerbit Erlanga.
Hidayat, 1986:30. Definisi Efektivitas. Bandung: Kayvan, U.
Husain, M. L. &. H., 2009. Efektivitas Pelayanan Publik. In: Jakarta: Cratakan Kesebelas Pustaka Binaman Presindo.
Komarudim, 2005. Ensiklopedia Manajemen. In: Bandung: Alfabeta.
Makmur, 2010. In: R. Aditama, ed. Efektivitas Kebijakakn Kelembagaan Pengawasan. Bandung: s.n.
Maun, C. E. F., n.d. Efektivitas Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Bagi Masyarakat Miskin Terkena Dampak Covid-19 Di Desa Talitad Kecamatan Suluun Terere.
Mayasari, N. A., 2020. Persepsi Masyarakat Terhadap Manfaat Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT-Dd) Dalam Upaya Membantu Perekonomian Masyarakat Akibat COVID-19 di Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo.
Melati, Z., 2021. Efektivitas Program Bantuan Sosial Tunai Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Pasir Pengaraian.
Miles, H. d. S., 2014 : 14. Qualitative Data Analysis. s.l.:s.n.
Moleong, L. J., 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. In: Yogyakarta: Alfabeta.
Oktavia, F. K., Zakiyah, N. & Huda, d. M. A. I., 2020. Efektivitas Pelaksanaan Bantuan Sosial Dari Pemerintah Terhadap Masyarakat Terdampak Covid-19 Didesa Gendongarum Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro.
Pasolog, H., 2012. Teori Adminirasi Publik. In: Yogyakarta: Alfabeta.
Robbins, P. S., 2008. Perilaku Organisasi. In: H. Pujaatmaka, ed. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia, p. Jilid 1 & 2.
Sagala, F. P., 2009. Issue Efektivitas Program Bantuan Langsung Tunai di Nagori Kahean Kecamatan Dolol Batu Nanggar Kabupaten Simaungun Provinsi Sumatera Utara. Bantuan Langsung Tunai di Nagori Kahean, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simaungun Provinsi Sumatera Utara.
Sari, N. A. M., 2009. Efektivitas Program
Steers, R., n.d. Efektivitas Organisasi . In: s.l.:s.n.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kualitatif. In: Bandung: CV Alfabeta.
Suharto, E., 2008. Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik. In: Bandung: Alfabeta.
Tjokroamidjojo, 1987. Administrasi Pembangunan dalam Konsep Efektivitas. s.l.:s.n.
Zulkarnaini, 2021. Efektivitas Program Bantuan Sosial Tunai Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Pasir Pengaraian.

Sumber lainnya :
Peraturan Menteri Desa Nomor 6 Tahun 2020 yang diterbitkan 14 April 2020 tentang perubahan atas peraturan menteri desa, pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020
https://www.jogloabang.com
Peraturan Menteri Desa Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2020
https://peraturan.bpk.go.id
Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan/atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan.
https://www.kemenkeu.go.id.
Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa
https://jdih.kemendesa.go.id

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>