PENGARUH INSENTIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV.YAZID BERSAUDARA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Rustamiya Rizki Adiati Program Studi Administrasi Bisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Saroyo Saroyo Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

intensif, kinerja karyawan, spss

Abstract

Untuk meningkatkan kinerja karyawannya perusahaan akan melakukan beberapa cara yang dapat mendorong karyawan untuk bekerja secara maksimal. Salah satu cara mengoptimalkan kinerja karyawan adalah dengan insentif secara tidak sengaja diberikan kepada karyawan agar di dalam diri mereka timbul semangat yang lebih besar untuk meningkatkan prestasi kerja sehingga produktivitas dan kinerjanya meningkat.Penelitian bertujuan (1) Untuk menganalisis pengaruh insentif terhadap kinerja karyawan pada CV. Yazid Bersaudara Kabupaten Tabalong. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh insentif terhadap kinerja karyawan pada CV. Yazid Bersaudara Kabupaten Tabalong. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Metode pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan 31 responden.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan kuesioner. Alat bantu analisis berupa program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insentif berpengaruh terhadap kinerja karyawan CV Yazid Bersaudara Kabupaten Tabalong. Besar pengaruh menunjukkan nilai bahwa 52% perubahan kinerja karyawan dipengaruhi oleh insentif, sedangkan sisanya 48% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian.

Kata Kunci : Intensif, Kinerja Karyawan, SPSS

References

DAFTAR PUSTAKA
Alfiyah, Nuraini.(2015). Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Departemen Penjualan CV Logam Indonesia di Tulung Agung (Studi Kasus pada Penjualan CV Logam Indonesia di Tulung Agung). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/
Ambar, Teguh Sulistiyani dan Rosidah2009.Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Gorda, I Gusti Ngurah. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Denpasar: Astabrata Bali bekerjasama dengan STIE Satya Dharma Singaraja.
Haedar, Muh. Ikbal, Gunair. “Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Karyawan PT. Suraco Jaya Abadi Motor Di Masamba Kabupaten Luwu Utara”. Luwu Utara: Jurnal Equilibrium. Vol. 5, No. 1: ISSN: 2339-1502.
Hasibuan, M. S., 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Imam, Ghozali, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. SEMARANG: Badan Penelitian Universitas Diponegoro.
Marhumi, Sitti,2018. ” Pengaruh Insentif dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada P.T. Media Fajar Koran”. Jurnal Ekonomi & Bisnis.No.2 : 383-417
Martono,Nanang. 2015.Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Mangkunegara, Anwar Prabu, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, A. P., 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Mathis, Robert. L. dan John H. Jackson, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Jimmy Sadelo dan Bayu. Prawira Hie, Salemba Empat.
Nazir, Muhammad, 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ngurah, G. I. G., 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Revisi Ed. Denpasar: Astabrata Bali Bekerjasama dengan STEI Satya Dharms Singaraja.
Ningsih, Christina Dwi, 2017. “pengaruh insentif material, insetif non material, dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan” . jurnal Manajemen, Vol 01, No.01. Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang
Panggabean, M. S., 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta:Grafindo.
Sedarmayanti, 2014. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Mandar Maju.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suwanto. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Tjutju Yuniarsih. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Zulkarnaen, Wandy dan asep suwarna. 2016. “Pengaruh Intensif Terhadap Kinerja Karyawan di Bagian Mekanik PT. Erlangga Aditya Indramayu”. STIE Muhammadiyah: Jurnal Ilmiah MEA. Vol 1, No. 1:P-ISSN: 2541-5255

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles