EVALUASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KELUA KEBUPATEN TABALONG
Keywords:
evaluasi, kebijakan, pembelajaran, daringAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi kebijakan pembelajaran secara daring selama di masa pandemi Covid-19 PadaSekolahMenengahAtasNegeri 1 Kelua Kabupaten Tabalong. Penelitian ini merupakan studi tentang evaluasi kebijakan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di sekolah menengah atas. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan jenis evaluasi sumatif. Evaluasi sumatif ini dilaksanakan pada akhir kegiatan atau beberapa kurun waktu setelah program, guna menilai keberhasilan program.Teknik pengumpulan data yang ada dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Untuk menyajikan data agar lebih mudah dipahami, maka langkah-langkah analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analiysis Interactive Model dari Miles dan Huberman, yang membagi langkah-langkah dalam kegiatan analisis data dengan beberapa bagian yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Evaluasi Kebijakan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kelua Kabupaten Tabalong dikategorikan sukses dengan persentase 75%.
Kata Kunci: Evaluasi, kebijakan pembelajaran daring
References
Alda Afrilia Shandi, A. A., & Puspa Regina Putri, I. M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 (Studi Kasus Siswa SMP Kelas 7 Di Kecamatan Banjarnegara). Pendidikan , 1-8.
Ambarsari, R. Y. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Covid-19 Di Kecamatan Bulukerto Wonogiri. Pendidikan , 28-35.
Azwar, A. (1996). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Badrujaman, A. (2009). Diktat Teori dan Praktek Evaluasi Program Bimbingan Konseling. Jakarta: Alfabeta.
Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dunn, W. (1994). Public Analysis:An Introduction, New Jersey:Pearson Education. Dalam Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Madaq University Press.
Dunn. William, N. (2000). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
Indonesia, K. B. (1996). Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.
M.Panji Wahyu Mukti, W. L. (2021). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Seni BUdaya Di SMP 1 Jekulo Kudus Pada Masa Covid-19. Pendidikan Seni dan Seni Budaya , 112-123.
Maimun. (2007). Hukum Ketenagakerjaan Suatu Pengantar. Jakarta: Pradaya.
Miles, B. M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.
Muh. Fitrah, R. (2021). Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Bima . Pendidikan , 178-187.
Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Purwo, B. K. (1990). Paragmatik dan pengajaran Bahasa . Yogyakarta: Kanisius.
Rusdiana, E. N. (2020). Respon Pada Pembelajaran Daring Kombinasi Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm). Pendidikan , 1-12.
Rusman, K. D. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo.
Savitri, M. R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar. Pendidikan , 53 61.
Scriven. (1990). Theaching And Learning Elementary Social Studies. Six Edition. Boston: Alyn And Bacon.
Stufflebeam, D. L. (1996). The CCIP Model For Evaluation. Dalam Daniel L. Stuffebeam, dkk (eds) Evaluation In Education And Human Service. Buston: Kluwer Academic Publisher.
Sugito, H. (2005). Mengukur Kepuasan pelanggan (Online). Pendidikan , 77-83.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Taylor, S. (1951). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana Media Group.
Winarno, B. (2008). Kebijakan Publik. Jakarta: PT. Buku Kita.
otruba Dalam Uno, H. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.