IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UU NO 6 TAHUN 2020 TENTANG PEMILIHAN GUBERNUR, BUPATI DAN WALIKOTA DILIHAT DARI ASPEK KOMUNIKASI DI DESA HEGARMANAH KECAMATAN BINTANG ARA (Studi Kasus Pada Kegiatan Kampanye

Authors

  • Neneng Eriskawati Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Safrul Rijali Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

implementasi, kebijakan, UUD Pilkada, kampanye, tabalong

Abstract

Implementasi kebijakan adalah aktivitas yang terlihat setelah dikeluarkan pengarahan yang sah dari suatu kebijakan yang meliputi upaya mengelola input untuk menghasilkan output atau outcome bagi mayarakat. Kepala daerah merupakan perpanjangan tangan dari kepala Negara yang melaksanakan dan mengatur kebijakan dan rumah tangga di daerah. Namun begitu, kepala daerah juga memiliki hak dan wewenang untuk mengatur dan mengurus sendiri daerahnya sesuai dengan potensi yang dimiliki daerahnya. Setiap calon kepala daerah dan wakil kepala daerah tentu memiliki visi dan misinya sendiri dalam memimpin dan melaksanakan roda pemerintahannya di daerah. Gubernur maupun Bupati/Walikota adalah pemimpin di bidang eksekutif tingkat daerah yang kehadiran dan keputusan-keputusan strategisnya sangat dibutuhkan terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi kebijakan UU No 6 Tahun 2020 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di Desa Hegarmanah Kecamatan Bintang Ara dilihat dari aspek komunikasi pada kegiatan kampanye. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Metode pengumpulan data melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan UU No 6 Tahun 2020 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di Desa Hegarmanah Kecamatan Bintang Ara pada Kegiatan Kampanye Dilihat dari Aspek Komunikasi Dikategorikan Kurang Terimplementasi.

Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, Undang-Undang Pilkada, Kampanye

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiruddin. (2016). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Para Ilmu.
Anggara, Saputra. (2012). Ilmu Administrasi Negara. Bandung: CV Pustaka Setia.
Budiarjo, Muhammad. (2008). Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Fathoni, Ahmad. (2011). Metode Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ghozi, Khabib. (2011). Implementasi UU No 32/2004 Tentang Pemerintah Daerah Analisis Pelanggaran Tindak Pidana Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Batang Tahun 2006. Jurnal Ilmu Politik. IAIN Walisongo, 13.
Handoyo, Eko. (2008). Sosiologi Politik. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Maharani, Dewi. (2011). Implementasi Pasal 41 UU No. 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah Terkait dengan Fungsi Pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dalam Pelaksanaan APBD Kota Malang. Jurnal Ilmu Administrasi Publik. Universitas Brawijaya.
Michael Rush & Philip Althoff. (2000). Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Pasolong, Harbani. (2012). Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Putra, Dedi Kurnia Syah. (2012). Media dan Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Putro, Roestopo Hartojo. (2006). Implementasi UU No. 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah Dalam Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Laut Di Kabupaten Lamongan. Universitas Airlangga, Surabaya.
Rizki, Fatur. (2019). Implementasi UU No 42 Tahun 2004 Tentang Wakaf Di Desa Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.
Sanit, Ahmad. (2008). Sistem Politik Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Indonesia.
Setiadi, Elly M. (2013). Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Prenada Media.
Sitepu, Aritonang. (2012). Teori-teori Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Subarsono, A.G. (2013). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: CV Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharti, Sri. (2008). Implementasi UU No. 22 Tahun 1999 Dan UU No. 332 Tahun 2004 Dalam Pelaksanaan Otonomi Desa. Universitas Diponegoro, Semarang.
Tim Dosen. (2021). Pedoman Penulisan Skripsi Administrasi Publik. Tabalong: Komplek Stadion Olahraga Sarabakawa Pembataan: Stia Tabalong.

Published

2022-05-25

How to Cite

Eriskawati, N., & Rijali, S. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UU NO 6 TAHUN 2020 TENTANG PEMILIHAN GUBERNUR, BUPATI DAN WALIKOTA DILIHAT DARI ASPEK KOMUNIKASI DI DESA HEGARMANAH KECAMATAN BINTANG ARA (Studi Kasus Pada Kegiatan Kampanye. JAPB, 5(1), 39–50. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/574

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>