IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN BUPATI NOMOR 23 TAHUN 2020 DILIHAT DARI ASPEK SUMBER DAYA PADA KANTOR KECAMATAN BENUA LIMA KABUPATEN BARITO TIMUR (Studi Kasus Pedoman Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan)

Authors

  • Veronica P Lamakey Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

implementasi, kebijakan, protokol kesehatan, covid 19, aspek sumber daya, barito timur

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi kebijakan Peraturan Bupati nomor 23 tahun 2020 dilihat dari aspek sumber daya pada kantor Kecamatan Benua Lima Kabupaten Barito Timur (studi kasus pedoman penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan,  ditinjau dari indikator yang mempengaruhi implementasi kebijakan aspek sumber daya berdasarkan empat variabel penentu keberhasilan implementasi kebijakan yaitu: komunikasi, sumber daya, disposisi dan birokrasi. Indikator aspek sumber daya terdiri dari empat elemen yaitu: staf, informasi, wewenang dan fasilitas. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif yang merupakan prosedur penelitian yang menggunakan data deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode: observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktis yang mencakup empat komponen yaitu : pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan implementasi kebijakan peraturan bupati nomor  23  tahun  2020 dilihat dari aspek sumber daya berdasarkan elemen staf, elemen informasi, elemen wewenang dan elemen  fasilitas pada kantor kecamatan benua  lima  kabupaten  barito timur  studi kasus pedoman penerapan  disiplin  dan  penegakan  hukum  protokol  kesehatan adalah kurang terimplementasi.

Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Protokol Kesehatan, Aspek Sumber Daya.

References

Abidin, S. Z. (2016). Kebijakan Publik (3 ed.). Jakarta Selatan: Salemba Humanika.
Administrasi, S. T. (2021). Pedoman Penulisan Skripsi . Tanjung: STIA Tabalong.
Agustino, L. (2020). Dasar Dasar Kebijakan Publik (Edisi Revisi ke 2 ed.). Bandung: Alfabeta.
Anggara, S. (2018). Kebijakan Publik. Bandung: Pustaka Setia.
Handoyo, E. (2012). Kebijakan Publik . Semarang: Widya Karya.
Hayat. (2018). Kebijakan Publik Evaluasi Reformasi dan Formulasi . Malang: Intrans Publising.
Maunde, Riski; Posumah, Johnny; Kolondam, Helly. (2021). Implementasi Kebijakan Pemerintahan dan Partisipasi Masyarakat Dalam Penanggulangan Covid-19 di Desa Kuma Selatan Kecamatan Essang Selatan Kabupaten Kepulauan Talaud, Jurnal Administrasi Publik Volume 7 No 9.
Nasional, D. P. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Nugroho, R. (2003). Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi dan Evaluasi (Cetakan Pertama ed.). Jakarta: Gramedia.
Pasolong, H. (2020). Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Barito Timur Nomor 23 Tahun 2020. (2020). Pedoman Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019. Dipetik Januari 15, 2021, dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/157171/perbup-kab-barito-timur-no-23-tahun-2020
Pramesti, D. A., & Laksana, I. N. (2020). Implementasi Peraturan Gubernur Bali No.46 Tahun 2020 Di Desa Batu Bulan, Jurnal Kertha Wicara Volume 10 No 1.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi ketiga ed.). Bandung: Alfabeta.
Sunggono, B. (1994). Hukum dan Kebijakan Publik. Jakarta: Karya Unipress.
Wahab, S. A. (2017). Analisis Kebijakan (6 ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni, E., & Hertati, D. (2021). Implementasi Kebijkan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Covid-19 Di Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang, Journal Publicuho Volume 4 No 1.
Winarno, B. (2012). Kebijakan Publik Teori Proses dan Studi Kasus (Edisi Kedua ed.). Yogyakarta: CAPS.

Published

2021-12-02

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>