ANALISIS STANDAR PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DILIHAT DARI JANGKA WAKTU DI KANTOR KECAMATAN UPAU KABUPATEN TABALONG (Studi Kasus Pada Pembuatan Kartu Keluarga)

Authors

  • Selvia Apriati Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Siti Arbayah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

analisis, standar, pelayanan, jangka waktu, administrasi, kependudukan

Abstract

Pada masa sekarang ini pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah masih terdapat kelemahan yang membuat tidak dapat terpenuhinya standar pelayanan publik yang baik. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan Dilihat Dari Jangka Waktu Pada Kantor Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong (Studi Kasus Pada Pembuatan Kartu Keluarga). Lokasi penelitian dilaksanakan di Kantor Kecamatan Upau pemilihan tempat serta lokasi penelitian dengan alasan yaitu,  peneliti melihat adanya permasalahan dalam pelayanan Kartu Keluarga di Instansi Tersebut. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data terdiri atas data primer dan data sekunder. Informan penelitian terdiri atas Kasi Pemerintahan, Operator Pembuatan Kartu Keluarga dan masyarakat yang membuat kartu keluarga. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,dokumentasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi / pengambilan kesimpulan. Adapun hasil penelitian, standar Pelayanan Administrasi Kependudukan dilihat dari aspek jangka waktu Di Kantor Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong  (Studi Kasus Pada Pembuatan Kartu Keluarga) sudah masuk dalam kategori terstandar. Adapun  kesimpulan dalam penelitian ini adalah yaitu masih perlu pembenahan dalam menjalankan prinsip standar pelayanan yang baik,karena masih ada keterbatasan seperti jaringan yang terkadang tidak stabil serta kelengkapan berkas yang dibawa oleh masyarakat itu sering tidak lengkap.

Kata Kunci : Analisis Standar Pelayanan, Jangka Waktu, Administrasi Kependudukan

References

Adhikara, R., 2016. Standar Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga Di Kantor Kecamatan Balik Papan Tengah Kota Balik Papan.
Angkat, K. M., 2017. Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi. pp. 33-48.
Eka, 2017. Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Camat Rumbai Pesisir. pp. 100-109.
Jefkins, f., 2004. Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Mulyawan, R., 2016. Birokrasi dan Pelayanan Publik. Jakarta: UNPAD PRESS.
Pasolong, H., 2017. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Sudrajat.R,Dkk . (2009). Hukum Administrasi Negara Dan Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung: Nuansa.
Siyoto, A. S. d. S., 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Syahrum, S. d., 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Wilem, R. B. S., 2018. Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Ranomout Kecamatan Paal Dua Kota Manado.
Y, Yusnia., 2019. Standar Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Kartu Keluarga Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Enrekang. pp. 1-75.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014
Peraturan Bupati Tabalong Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Pelimpahan Sebagian Wewenang Perizinan dan Non Perizinan Serta Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Kepada Camat
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan

Published

2021-12-02

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>