PERAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR DESA KAPAR KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Muhammad Hasbi Al Jaelani Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Eddy Suriyani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

peran, kepala desa, tabalong, disiplin, kerja, pegawai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Peran Kepala Desa dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai pada kantor Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan analisis deskriftif dengan membuat tabel dan persentase untuk menjelaskan Peran Kepala Desa dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai. Pengukuran partisipasi menggunakan Skala Likert. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2021 sampai dengan bulan Juli 2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam secara langsung kepada lima orang informan dengan menggunakan teknik wawancara dan data sekunder diperoleh dari kantor pemerintah Desa Kapar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Kepala Desa dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai pada kantor Desa Kapar indikator Tujuan dan Kemampuan dikategorikan Berperan, indikator Teladan Pimpinan dikategorikan Berperan, indikator Balas Jasa dikategorikan Cukup Berperan, indikator Keadilan dikategorian Cukup Berperan, indikator Waskat (Pengawasan Melekat) dikategorikan Berperan, indikator Sanksi Hukuman dikategorikan Berperan, indikator Ketegasan dikategorikan Cukup Berperan, indikator Hubungan Kemanusiaan dikategorikan Berperan, Dan Peran Kepala Desa dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai pada kantor Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong termasuk pada kategori Berperan.

Kata Kunci:   Peran, Kepala Desa Kapar, Kantor Desa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kualitatif edisi ketiga ed. Bandung: Alfabeta
Hasibuan, M. (2007) Manajemen Sumber Daya Manusia Edited by D. Grafis. Jakarta: PT BUMI Aksara
Soekanto, S. (2002) Peranan Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Thoha, M. (2005) Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Pasolong, H. (2013) Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta
Poerwadarminta (1982) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Netisemito, A. (1982) Manajemen Personalita . Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hasibuan, M. (1994) Manajemen Perbankan. Jakarta: CV. Haji Magum.
Sugiyono (2008) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Thoha, M. (2015) Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Tabalong. Tanjung.
Helina, W. (2015) ‘Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan disiplin kerja pegawai pada kantor Desa Muara Bengkal Ulu Kecamatan Muara Bengkal Kabupaten Kutai Timur’ Kepemimpinan Kepala Desa dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai pada kantor Desa Muara Bengkal Ulu Kecamatan Muara Bengkal Kabupaten Kutai Timur, pp. 1-14.
Suhindarno, H (2015) ‘FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK’, Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Sukurejo Kecamatan Bojonegoro, pp. 1-11.
S Ajang, M (2015) ‘Fisip Universitas Mulawarman’, Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa di Desa Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagon Kabupaten Mahakam Ulu, pp. 1-14.
Waloyo (2016) ‘Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi’, Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa Di Desa Laban Kulon Kecamatan Meganti Kabupaten Gresik, 1, pp. 1-8.
Dewi (2013) ‘Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong’, Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa Lukbayur Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, pp. 1-15.
Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Desa
Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa
‘Peraturan Pemerintah R.I. Nomor 43 Tahun 2014. Peraturan Pelaksanaan
Undang – undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Bandung: Fokusindo Mandiri, 2014.

Published

2021-12-01

How to Cite

Al Jaelani, M. H., & Suriyani, E. (2021). PERAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR DESA KAPAR KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG. JAPB, 4(2), 1775–1789. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/553

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>