PENGARUH PENEMPATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Rosi Ariani Program Studi Administrasi Bisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Indriati Sumarni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

penempatan kerja, penempatan, kinerja, karyawan, SPSS, PDAM, tabalong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah Ada Pengaruh Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Tabalong; (2) Seberapa besar pengaruh penempatan kerja terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Tabalong. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif, dimana penelitian ini mendeskripsikan pengaruh penempatan kerja terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Tabalong. Menggunakan metode kuantitatif untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antar variabel. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Jumlah populasi diambil dari semua karyawan PDAM Tabalong yaitu sebanyak 105 orang, sehingga diambil sebanyak 51 responden karyawan PDAM Tabalong untuk mewakili populasi sesuai dengan hitungan pada rumus slovin. Metode pengumpulan data menggunakan studi lapangan dan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Alat uji yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dari hasil uji diketahui bahwa ada Pengaruh Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Tabalong (2) Besarnya Pengaruh Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Tabalong sebesar 59,5 % sisanya sebesar 40,5 % dipengaruhi oleh variable lainnya di luar penelitian ini, seperti pendidikan, keterampilan, motivasi kerja.                                   

Kata Kunci : Penempatan Kerja, Kinerja Karyawan, SPSS

References

A.A Anwar Prabu Mangkunegara, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Aldilaningsari, Y., Musadieq, A. M. & Hakam, S. M., 2014. Pengaruh Penempatan Kerja Terhadap Kinerja. Administrasi Bisnis, Volume 9, p. 1.
Ambar Teguh Sulistiyani dan Rosidah, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Avisena, A. I., 2016. Pengaruh Seleksi dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Aplikasi Administrasi, Volume 19, p. 1.
Damayanti, I., 2018. Pengaruh Penempatan Kerja dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan. Ilmu Manajemen ,Volume 3, p. 4.
Danang, S., 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT. Refika Aditama Anggota Ikapi.
Ghozali, I., 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 7 ed. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hasibuan, M. S., 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Revisi ed. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Khairiyyah, Y., Febriani & Yanti, B., 2020. Pengaruh Penempatan Kerja dan Mutasi Terhadap Kinerja. Menara Ekonomi, Volume VI, p. 2.
Mangkunegara, A. A. P., 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke Tujuh ed. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purnaswati, S., 2017. Pengaruh Penempatan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Ilmiah Mahasiswa FEB, Volume 9, p. 1.
Riduwan, 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel. Cetakan ke 12 ed. Bandung: Alfabeta.
Robbins, P. S., 2006. Perilaku Organisasi. Sepuluh ed. Jakarta: Diterjemahkan oleh : Drs. Benyamin Molan. Erlangga.
Sastrohadiwiryo, S., 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratif dan Operasional). Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Sedarmayanti, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Kelima ed. Bandung: Refika Aditama.
Siregar, S., 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sulaiman, S., 2007. Manajemen Kinerja : Langkah Efektif Mengendalikan dan Evaluasi Kerja. Cetakan Kedua ed. Jakarta: PT. Intermedia Personalia Utama
Suwito, V. H., 2016. Pengaruh Penempatan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif, Volume 1, p. 1.
Tim Dosen, 2020. Pedoman Penulisan Skripsi. Tabalong: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi.
http://www.pdamtabalong.co.id, 2017. [Accessed 25 Agustus 2021].

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>