KUALITAS PELAYANAN PEMASANGAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG PADA WANITA DILIHAT DARI ASPEK RESPONSIVENESS (KETANGGAPAN) DI DESA AMPAH DUA KECAMATAN DUSUN TENGAH KABUPATEN BARITO TIMUR

Authors

  • Nor Asiah Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Rahmi Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas, pelayanan, MKJP, responsiveness, barito timur

Abstract

Penelitian ini berjudul kualitas Pelayanan Pemasangan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Pada Wanita Dilihat Dari Aspek Responsiveness (Ketanggapan) Didesa Ampah Dua Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur.  Tujuan penelitian ini adalah salah untuk mengetahui dan menganalisa Kualitas Pelayanan Pemasangan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Pada Wanita Dilihat Dari Aspek Responsiveness Didesa Ampah Dua Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur. Penelitian ini menggunakan  Jenis dan pendekatan kualitatif.  Tekhnik  yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Sumber data primer diperoleh dari observasi dan wawancara sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi .  Metode Analisis Data yang digunakan adalah analisis menurut Miles and Huberman.  Hasil Penelitian ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang kemudian didokumentasikan menunjukkan bahwa dari dimensi petugas merespon pemohon yang ingin mendapatkan pelayanan dikategorikan sangat berkualitas, dari dimensi petugas melakukan pelayanan dengan cepat dikategorikan cukup berkualitas,dari dimensi petugas melakukan pelayanan dengan tepat dikategorikan berkualitas dan dari dimensi petugas melakukan pelayanan dengan cermat dikategorikan berkualitas. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis mengambil kesimpulan bahwa  Kualitas Pelayanan Pemasangan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Pada Wanita Dilihat Dari Aspek Responsiveness (Ketanggapan) Didesa Ampah Dua Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur dikategorikan Berkualitas.

Kata kunci  :  Kualitas, Pelayanan, MKJP

References

Apriasih, H. (2016). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasangan Usia Subur Terhadap Pelayanan Konseling KB Di PMB Bidan C Kecamatan Chideung Balong Kota Tasikmalaya. JURNAL KESEHATAN BIDKESMAS RESPATI 1, 67-72.
Arief. (2020). Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Jakarta: Bayumedia Publising.
Arsyaningsih, N. (2014). Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Konseling KB Alat Kontrasepsi Dalam Rahim Oleh Bidan Di Wilayah Kerja Puskesmas Wiradesa Kabupaten Pekalongan . Jurnal Kebidanan, 17-19.
Bari, S., Biran, Alpandi, & Enriquito. (2013). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Tridasa Printer .
BKKBN. (2014). Pedoman Pelaksanaan Penggerakan Lini Lapangan Program Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga. BKKBN.
Erna, S. (2016). Pelayanan Keluarga Berencana. Jakarta : Trans Info Media.
Harbani, P. (2017). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Imron, R. (2018). Gambaran Kualitas Pelayanan KB Oleh Bidan Puskesmas Kabupaten Pringsewu. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sei Batik, 58-66.
Indonesia, P. D. (2019). Standar Operasional Prosedur. Jawa Barat: Islampos Global Media.
Kencana, S., Tandjung, Djamaludin, & Modeong Supardan. (1999). Ilmu Administrasi Publik. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhammad, I. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Erlangga.
Mulyadi, D., T.gedeona, Hendrikus, & Afandi, Nur. (2018). Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta
Nuryani, S. (2016). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana Oleh Bidan Dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Pada Akseptor KB Baru Dikabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagonis.
Rahmi, A. (2018). Persepsi Akseptor KB Tentang Pemakaian KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Di Puskesmas Koni Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari, 559-564.
Sampara, L. (2000). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: Stia Lan Press .
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2021-11-26

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>