EVALUASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTRAAN KELUARGA DI DESA TANTA HULU KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Mira Yulia Rahmah Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

evaluasi, PKH, kesejahteraan keluarga, tabalong

Abstract

Evaluasi ialah merupakan bagian dari sistem manajemen yaitu perencanaan, orgnisasi, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Evaluasi sebagai sebuah proses menentukan hasil yang telah dicapai beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan. Evaluasi kebijakan adalah merupakan langkah terakhir dari suatu proses kebijakan. Salah satu aktivitas fungsional, evaluasi kebijakan tidak hanya dilakukan dengan mengikuti aktivitas-aktivitas sebelumnya, yaitu pengesahan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi) kebijakan, tetapi dapat terjadi pada seluruh aktifitas-aktifitas fungsional yang lain dalam proses kebijakan.Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Evaluasi kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam meningkatkan Kesejahtraan Keluarga Di Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi dan wawancara 5 orang. Pada penelitian ini menggambarkan data kualitatif yang diperoleh menyangkut keadaan subjek atau fenomena dari sebuah populasinya dengan menggunakan rumus yang di kemukakan oleh Michael Scriven (1983).Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Evaluasi Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kesejahtraan Keluarga Dilihat Dari Aspek Pendidikan dapat dikategorikan berhasil. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang menunjukkan hasil bahwa dengan adanya bantuan Program Keluarga Harapan dalam bidang pendidikan mampu meningkatkan kesejahtraan keluarga.

Kata Kunci : Evaluasi, PKH, Meningkatkan Kesejahtraan Keluarga

References

Ayurestianti, 2017. Evaluasi Pelayanan Kesehatan Dan Pendidikan Program Keluarga Harapan (PKH). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), pp. 423-442.
Fidyatun, E., 2012. Evaluasi Program Keluarga Harapan (PKH) Bidang Kesehatan Di Kabupaten Brebes Tahun 2011. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(2), pp. 26-36.
Hendri, 2014. Evaluasi Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Pada Bidang Pendidikan Di Kelurahan Tegal Sari Mandala II Kecamatan Medan Denai. JAP, 2(2), pp. 214-231.
Muhtadin, 2016. Evaluasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Pengetasan Pendidikan Dan Kesehatan (Studi Kasus Desa Jatisawit Lor Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu). pp. 1-11.
Huzaipa, 2014. Evaluasi Kebijakan Program Keluarga Harapan Di Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. e-Jurnal Katalogis, 2(7), pp. 158-169.
Rina Gaguk Ika Prayitna, I. D. A. N. D., 2018. Evaluasi Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Keberdayaan Perempuan Di Bidang Pendidikan Dan Kesehatan. Spirit Publik, 13(1), pp. 67-78.
Ali, Mohamad., 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung: CV.Angkas.

N.Dunn, W., 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Kedua. 5 ed. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Riant , Nugroho., 2009. Public Policy.Jakarta : PT. Elek Media Komputindo .
.Sugiyono., 2012. Memahami penelitias kualitatif. Bandung: Alfabeta
Syafie, Kencana, Inu., 2014. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia (SANRI). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Undang-undang RI nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.
Perpres RI No 166 Th 2014 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.
Peraturan Menteri Sosial Nomor 01 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan.
Pedoman PKH Th 2010.

Published

2021-11-24

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>