EVALUASI PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA (BSPS) DI DESA MANGKUSIP KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Indah Khairunisa Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Rahmi Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

evaluasi, program, BSPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Evaluasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Di Desa Mangkusip Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif, peneliti bermaksud untuk mendeskripsikan dan memperoleh pemahaman menyeluruh dan mendalam mengenai Evaluasi Pelaksanaan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Desa Mangkusip Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.

Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini berjumlah 5 orang  dari  masyarakat penerima bantuan program BSPS di Desa Mangkusip yang sekaligus berperan sebagai Key Informan yaitu dari RT.01 ada 2 orang, RT.03 ada 2 orang dan RT.06 ada 1 orang.  Sedangkan dokumentasi dalam penelitian ini berupa data-data atau literatur, jurnal, skripsi dan surat kabar yang sesuai dengan bahasan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis menurut Miles, Huberman, dan Saldana (2014) adalah kondensasi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.

Hasil penelitian tentang Evaluasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Di Desa Mangkusip Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong dikategorikan sangat berhasil. Dapat dilihat dari indikator Sehat dikategorikan berhasil, dari indikator Aman dikategorikan sangat berhasil, dari indikator Nyaman dikategorikan sangat berhasil. Hal ini dilakukan dengan pengukuran teori dari Michael Scriven yaitu model formatif-sumatif.

Kata kunci : Evaluasi, Program BSPS

References

Aulia, Dwira N. (2008). Perumahan dan Permukiman. Medan: USU Press.
Bungin, B. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Dunn, W. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Edisi Kedua. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Edi. (2010). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT Refika Aditama.
Huraerah, Abu. (2007). Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat. Bandung: Humaniora.
Marlina, M Sastra Suparno dan Endy. (2006). Perencanaan dan Pengembangan Perumahan. Yogyakarta: Andi Offset.
Mardikanto, Totok. (2013). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Nugroho, Riant. (2012). Public Policy : Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan dan Manajemen Kebijakan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Pasolong, H. (2005). Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta.
Panudju, Bambang. (2009). Pengadaan Perumahan Kota dengan Peran Serta Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Bandung: PT Alumni. Sastra.
Purwanto, Erwan Agus dan Dyan Ratih Sulistyastuti. (2012). Implementasi Kebijakan Publik, Konsep dan Aplikasi di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.
Rusli, Budiman. (2013). Kebijakan Publik Membangun Pelayanan Publik Yang Responsive. Hakim Publishing.
Rumah Swadaya, Direktorat (2019). Buku Kerja Pendampingan BSPS 2019.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Samosir, Siska Indriyani. (2016). Implementasi Program Rumah Layak Huni di Kabupaten Kampar. Pekanbaru.
Isabella, Julio Sesar, Amaliatulwalidain. (2017). Evaluasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (Desa Rejo Mulyo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji Tahun 2014). Jurnal Pemerintahan Dan Politik Volume 2 No.1 Januari 2017. Palembang : Universitas Indo Global Mandiri. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PDP/article/download/650/801.
Laila Sari Ananda, Argo Pambudi, M,Si. (2018). Pelaksanaan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Di Desa Sumberarum Moyudan Sleman. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Qomaria, Afifa. (2015). Dampak Sosial Ekonomi Dan Lingkungan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Di Kelurahan Meri Kota Mojokerto. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik Volume 3, Nomor 1, Januari - April 2015. Surabaya : Universitas Airlangga. http://journal.unair.ac.id/filerPDF/kmp4edefcba85full.pdf
Ratih Widayanti, Hj. Weni Rosdiana, S.Sos, M.AP. (2016). Evaluasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Kelurahan Tamanan Kecamatan Tulungagung. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/27002
Inggriani. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Ilmu Administrasi FISIP Volume 2 No.2 Oktober 2015. Riau : Universitas Riau. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/5294.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 13/PRT/M/2016 Tentang Bantuan Perumahan Swadaya.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 07/PRT/M/2018 Tentang Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

Published

2021-11-23

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>