IMPLEMENTASI PROGRAM PENGELOLAAN BANK SAMPAH MALUYUNG BERSINAR DI LIHAT DARI ASPEK KOMUNIKASI DI KELURAHAN MABUUN KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG

Authors

  • fatimah fatimah Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Wahyu Subadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

implementasi, program, bank sampah, sampah, pengelolaan, tabalong

Abstract

Bank sampah adalah sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam pengolahan sampah sekaligus dalam penanganan lingkungan serta mengurangi jumlah sampah di lingkungan masyarakat, menambah penghasilan bagi masyarakat, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dan memupuk kesadaran diri masyarakat akan pentingnya menjaga dan menghargai lingkungan hidup. Pengelolaan sampah yang di tetapkan di setiap daerah sangat penting upaya untuk mengurangi penumpukan sampah yang ada di lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Program Pengelolaan Bank Sampah di Lihat dari Aspek Komunikasi di Kelurahan Mabuun Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong yang menegaskan bahwa Implementasi dengan indikator komunikasi yaitu yang terdiri dari Transmisi, Kejelasan dan Konsistensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian deskriptif  kualitatif. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 informan antara lain Ketua Bank Sampah, Seksi Penimbagan, Masyarakat 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif. Hasil penelitian Implementasi Program Pengelolaan Bank Sampah di Lihat dari Aspek Komunikasi di Kelurahan Mabuun Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong dikategorikan Cukup Terimplementasi.

Kata Kunci: Implementasi, Program, Pengelolaan Bank Sampah.

References

Arifin, T. (2014). Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggeraan Pemerintahh Daerah,. Bandung: alvabeta.
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Bugin, B. (2007). Penelitian Kualitatif,. Jakarta: Pranada Media Grub.
Ibrahim, A. (2007). Pokok-pokok Administrasi Publik dan Implementasinya,. Bandung,: Aditama,.
Meleong. (2002). Metodologi Peneliitian Kualitatif,. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya,.
Miles, M. H. (2014,). Qualitatif Data Analysis, A Methods Sourcevook, (3 ed.). USA : Sage Publications,: UI-Press,.
Mulyadi, D. (2015). Study Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik,. Bandung: Alfabeta.
P. Siagian, S. (2002,). Kepemimpinan Organisasi & Perilaku Administrasi,. Jakarta,: Hunung Agung,.
Pasalong, H. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Winarno, B. (2008,). Kebijakan Publik Teori dan Proses,. Jakarta,: PT. Buku Kita.
Purwanto. (2019). Pengelolaan Bank Sampah Berbasis Masyarakat Sebagai Alternative Meningkatkan Ekonomi Warga RT 004/Rw 09, Cikarang-Utara Bekasi. Academics in Action, Vol. 01 No. 01.
Sari, P. N. (2016, Agustus). Analisis Pengelolaan Sampah Padat di Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Kesehatan Masyarakat Andalas (JKMA), Vol.10 No.2.
Tukiman, T. R. (2016). Implementasi Program Penelolaan Bank Sampah (Studi Di Bank Sampah "Saling Asih" Desa Larangan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo). Dinamika Governance FISIP UPN "Veteran" Jatim, Vol. 06 No. 02.
Irwanto. (2019, Agustus). Pelatihan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Pengabdian Masyarakat, Vol.2 No.2.
Nur Rahmawati Sulistiyorini, R. S. (2015). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah di Lingkungan Margaluyu Kelurahan Cicurung. . Share Social Work , Vol. 01 No. 01.
Peraturan
Undang-Undang No. 18 Tahun 2008 tentang sampah
Peraturan Bupati Tabalong Nomor 20 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Tabalong Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pengelolaan sampah
Keputusan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong Nomor 21 Tahun 2017 Tentang Penetapan Bank Sampah di Kabupaten Tabalong Tahun 2017

Published

2021-11-20

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>