ANALISIS KINERJA APARATUR DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPADA MASYARAKAT DI KANTOR DESA BIWAN KECAMATAN AWANG KABUPATEN BARITO TIMUR

Authors

  • Elianata Elianata Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kinerja, aparatur desa, pelayanan administrasi

Abstract

Kinerja merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Penelitian ini dilakukan Di Kantor Desa Biwan Kecematan Awang Kabupaten Barito Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa tentang kinerja aparatur desa dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat di kantor desa biwan kecematan awang kabupaten barito timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa tentang kinerja aparatur desa dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat di kantor desa biwan kecematan awang kabupaten barito timur. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis berdasarkan masalah penelitian. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah 5 orang responden. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif dengan menggunakan analisis data Miles Huberman, dan Saldana (2014). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja aparatur desa dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat di Desa Biwan Kecematan Awang Kabupten Barito Timur dapat dikategorikan cukup baik, pemimpin yang berani dan tegas dalam mengambil tindakan dan cukup aktif mengawasi perilaku aparat dalam menjalankan tugas dan fungsi dalam kinerja pelayanan administrasi kepada masyarakat.

Kata Kunci : Kinerja, Aparatur Desa, Pelayanan Adminstrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amsyah, Z. (2003). Manajemen Kearsipan. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Basuki, S. (2003). Manajemen Arsip Dinamis, Pengantar Memahami dan Mengelola Informasi dan Dokumen. Jakarta: Gramedia.
Bhartos, B. (2003). Manajemen Kearsipan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ernawati, U. (2004). Pedoman Lengkap Kesekretarisan untuk Sekretaris dan Calon Sekretaris . Yogyakarta: Graha Ilmu.
Fitriani, I. (2013). Analisis Pengelolaan Kearsipan Pada Kantor Camat Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Riau: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Hadromi. (2012). Sistem Kearsipan Surat Pada Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Indragili Hulu. Yogyakarta: Universitas Amikom Yogyakarta.
Huberman dkk, M. (2014). Qualitative Data Analisys, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.
I Gede Bawa Sujana, L. R. (2015-2016). Analisis Kemampuan Kerja Perangkat Desa Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat Di Desa Sebatu Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar .
Komaruddin, A. (2005). Akuntansi Manajemen, Dasar-Dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafino Persada.
Kurnianingsih, S. (2011). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Perangkat Desa Dalam Memberikan Pelayanan Umum Di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan.
Liang Gie, T. (2007). Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Martono, B. (1997). Arsip Korespodensi Penciptaan dan Penyimpanan . Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Maulana, M. I. (1996). Administrasi Kearsipan. Jakarta: Bharata.
Noor, S. M. (2019). peranan Disiplin Kerja dalam meningkatkan Kinerja Pegawai Bagian lapangan Uptd Terminal Km 6 Banjarmasin pada Dinas perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan. dinamika Ekonomi Jurnal Ekonomi dan bisnis Vol.12 No.1 .
Pasolong, H. (2016). Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Prawati, A. A. (2016). Kinerja perangkat Desa Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat Di Desa Petani Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis.
Sa'adah, A. U. (2012). Analisis Pengelolaan Arsip Pada Bagin Tata Usaha Kantor Perum Bulog Sub Divisi Regional III Surakarta. Semarang: Universitas Negri Semarang.
Salim, A. (2018). Implementasi Kibijakan Disiplin Analisis dan Implementasi Disiplin dan Kopetensi dalam Upaya peningkatan Kinerja Aparatur pemerintahan Desa Kecematan Kandangan Kabupaten Temanggung.
Sedarmayanti. (1990). Tugas dan Pengembangan Sekretaris. Bandung: Ilham Jaya.
Siagian, S. P. (1994). Adminsitrasi Pembangunan. Jakarta: Gunung Agung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tusianasari, K. (2011). Analisis Kearsipan di Kntor Kecamatan Gunungpati. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Widjaja, A. W. (2006). Administrasi Kepegawaian. Jakarta: Rajawali.
Yulianto, H. (2007). Pengelolaan Arsip Pada Kantor Bagian Tata Usaha Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Published

2021-11-18

How to Cite

Elianata, E., & Setiawati, B. (2021). ANALISIS KINERJA APARATUR DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPADA MASYARAKAT DI KANTOR DESA BIWAN KECAMATAN AWANG KABUPATEN BARITO TIMUR. JAPB, 4(2), 1160–1171. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/502

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>