EFEKTIVITAS PROGRAM PKK DALAM PEMBERDAAAN WANITA DI DESA BARIMBUN KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG (STUDY KASUS USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA

Authors

  • Ghuzmi Rahmiatul Zahrah Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jauhar Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

efektivitas, pemberdayaan wanita, peningkatan, keluarga

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Efektivitas Program PKK Dalam Peningkatan Pemberdayaan Wanita Di Desa Barimbun Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong (Studi Kasus UP2K). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita yang aktif dalam organisasi PKK di desa Barimbun yang tersebar di 5 Rt yaitu sebanak 73 jiwa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang merupakan jumlah sampel minimum. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling, yang dinyatakan simple (sederhana) karena pengambilan sample anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Dalam mengukur pendapat responden menggunakan Skala Likert. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, Kuesioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis efektifitas. Teknik analisis yang dilakukan dengan cara melekukan perhitungan sesuai rumus dengan cara menjumlah skor total(riil) yang diperoleh dibagi dengan jumlah skor ideal(harapan) setelah itu dikali 100%. Berdasarkan standar ukur efekivitas dari Litbang Depdagri (1991) jika skor 60% - 79,9 % tingkat capaian adalah Cukup Efektif. Rekaptulasi dari jawaban 30 responden diperoleh skor riil 522 dan skor harapan ang di dapat dari jumlah Responden dikali skor tertinggi dikali jumlah item pertanyaan maka diperoleh angka 720  didapat skor 72,5%, maka berdasarkan standar ukur efekivitas dari Litbang Depdagri (1991) jika skor 60% - 79,9 % tingkat capaian adalah Cukup Efektif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Efektivitas Program PKK dalam Pemberdayaan Wanita di Desa Barimbun Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong (Study Kasus UP2K) dikategorikan cukup efektif dalam memberdayakan wanita dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga.

Kata Kunci : Efektivitas, Pemberdayaan Wanita, Peningkatan Pendapatan Keluarga

References

Alfitri. (2011). Community Development. Yogyakarta: CV Pustaka Belajar.
Ali, M. (1984). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Arikunto, S. (1986). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakrta: Bina Aksara.
Donnelly, J. H., Gibson, J. L., & Ivancevich. (1985). Organizations : behavior structure, processes . Texas.
Gie, T. L. (2001). Administrasi Perkantoran. Bandung: Mandar Maju.
Heryendi, W. (2017). Efektivitas Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Kecamatan Denpasar Barat. Efektivitas Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Kecamatan Denpasar Barat.
Ikhramullah, R. (2014, Maret). "Pemberdayaan Perempuan Sebagai Upaya Optimalisasi Sumber Daya Manusia Untuk Menuju Pembangunan Berkelanjutan". Retrieved from Blogspot: http://masriyanikhram.blogspot.co.id/2014/03/pemberdayaan-perempuan-sebagai-upaya.httnl (24
Kamus Besar Bahasa Indonesia, E. K. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional.
Kumorotomo, W. (2005). Etika Administrasi Negara. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Mahendrawati, N. (2001). Pengembangan Masyarakat Islam. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Murniati, N. (2004). Getar Gender : Perempuan Indonesia dalam PerspektifSosial, Politik, Ekonomi, Hukum dan HAM. Magelang: Indonesiatera.
Narbuko, C., & Ahmadi, H. (2009). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Pangestu, S. (2000). Manajemen Operasi. Yogyakarta: BPFE.
Pasolong, H. (2010). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Putri, A. (2011). Peran PKK dalam Pemberdayaan Ekonomi Perempuan melalui Kegiatan Home Industry di Dusun Kaliwaru Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Peran PKK dalam Pemberdayaan Ekonomi Perempuan melalui Kegiatan Home Industry di Dusun Kaliwaru Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta.
Putri, D. (2018). Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Desa Sumber Rejo Kecamatan Waway Karya Lampung Timur. Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Desa Sumber Rejo Kecamatan Waway Karya Lampung Timur.
Remiswal, R. (2013). Menggungah Partisipasi Gender di Lingkungan Komunitas Lokal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rukminto Adi, I. (2008). Intervensi komunitas pengembangan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Jakarta: Rajawali.
Saptaningsih, R. (2012). Pemberdayaan Perempuan Desa Untuk Mengurangi Kemiskinan. Pemberdayaan Perempuan Desa Untuk Mengurangi Kemiskinan.
Siagian, S. P. (2002). Fungsi - fungsi Manajerial. Jakarta: Bumi Aksara.
Sigit, S. (2003). Esensi Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Lukman Offset.
Soekanto, S. (2006). Sosiologi : suatu pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumaryadi, S. (2005). Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: CV Citra Utama.
Sutrisno, E. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Published

2021-11-18

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>