KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN BENUA LIMA KABUPATEN BARITO TIMUR

Authors

  • Sainah Sainah Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • LIlis Suryani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas pelayanan, pelayanan publik, kantor kecamatan

Abstract

Pelayanan publik yang berkualitas atau yang bisa disebut dengan pelayanan prima merupakan  pelayanan  terbaik yang memenuhi standar kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Benua Lima Kabupaten Barito Timur. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan statistik deskriptif kuantitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik aksidental sampling sebanyak 20 responden. Analisis data menggunakan mean yaitu nilai rata-rata dari sebuah kelompok dan tabulasi frekuensi menurut Sugiyono (2017). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan  publik pada Kantor Kecamatan Benua Lima Kabupaten Barito Timur berdasarkan jumlah dari 9 indikator terhadap kualitas pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Benua Lima Kabupaten Barito Timur  adalah 23,7 dengan rata-rata 2,63 termasuk dalam kategori “kurang berkualitas”, masih banyak pelayanan yang dijalankan kurang maksimal, jumlah pegawai sangat cukup, namun keahlian dan keterampilan yang dimiliki pegawai masih kurang menguasai terhadap pelayanan, sehingga pegawai tersebut mengalami kebingungan dalam melayani masyarakat atau kurang kompeten dalam menjalankan tugasnya. Sehingga menyebabkan pekerjaan tidak terlaksana dengan tepat waktu, masih ada beberapa pengguna layanan yang belum memberikan senyuman dan sapaan kepada pengguna layanan yang akan melakukan proses pelayanan. Hal ini masih dirasakan oleh pengguna layanan yang mendapatkan ketidakramahan pegawai layanan.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, Kantor Kecamatan

References

Admiral. 2019. Survei Kepuasan Masyarakat Permenpan 14 Tahun 2017. [Accessed Minggu April 2021]
Anonim. 2017. Survei Kepuasan Masyarakat Tebing Tinggi. Diakses dari https://organisasi.tebingtinggi kota.go.id/2019/02/08/survei-kepuasan-masyarakat-permenpan-14-tahun-2017/ [Accessed Minggu April 2021].
Badarudin, Ahmad. 2018. Pelayanan Publik Teori dan Praktik. Bandung: Manggu.
Eko S.S., Suprianto. 2001. Operasional Pelayanan Prima. Jakarta: Prima Lembaga Admin Negara.
Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik. Revisi ed. Yogyakarta: Gava Media.
Pasalong, Harbani. 2017. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Rahmawati, Eka. 2017. Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Camat Rumbai Pesisir. Jurnal Niara, Volume 9 No.2, pp. 100-109.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Surpendi, Ahmad. 2014. Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Long Bagun Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur. Jurnal Administrative Reform, Volume 2 No. 4, pp. 506-514.
Susanto Z.A., Joko. 2019. Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Tabir Ulu Kabupaten Merangin. Jurnal Administrasi Negara, Volume 25 No.2, pp. 105-122.
Sutikno N.A., Bambang. 2018. Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Pada Kantor Camat Selangit Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Penelitian dan Politik, Volume 7 No.1, pp. 49-58.
Tim Dosen STIA Tabalong. 2021. Pedoman Penulisan Skirpsi. Tabalong: STIA Tabalong.
Yanti, Sedma. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refka Aditama.
Yanti, Sedma. 2013. Sumber Daya Manusia Dan Produktifitas Kerja. Bandung: Cv. Mandar Maju.
Yaqin, Ainul. 2016. Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser. E-Jurnal Administrasi Negara

Published

2021-11-16

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>