EVALUASI KEBIJAKAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA MASUKAU KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG (Studi Kasus Pada Pembangunan Infrastruktur Cor Jalan Usaha Tani Rt 02)

Authors

  • Maya Sarah Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Wahyu Subadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

evaluasi sumatif, pelaksanaan pembangunan, infrastruktur

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis Evaluasi Kebijakan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Cor Jalan Usaha Tani Rt 02 di Desa Masukau Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Metode yang di pakai dalam penelitian ini deskriptif dengan tehnik kualitatif. Tehnik analisis data yang di gunakan  dalam penelitian ini adalah tehnik analisis data kualitatif model interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana ( 2014:14 ) yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan key informan ada Lima orang terdiri dari Kepala Desa, kasi pembangunan, Ketua Rt Dua, dan Masyarakat Dua orang. Teori penelitian menggunakan kriteria evaluasi kebijakan Menurut William N. Dunn (2003:608) di antaranya yaitu : efektivitas, berkenaan dengan suatu alternatif mencapai hasil (akibat) yang di harapkan. Efisiensi, berkenaan dengan jumlah usaha yang di perlukan untuk menghasilkan tingkat efektivitas tertentu. kecukupan, berkenaan dengan seberapa jauh suatu tingkat efektivitas memuaskan kebutuhan, nilai, atau kesempatan menumbuhkan adanya masalah. Pemerataan, Berkenaan erat berhubungan dengan rasionalitas legal dan sosial dan menunjuk pada distribusi akibat dan usaha antara kelompok-kelompok yang berbeda dalam masyarakat. Responsivitas, Responsivitas, Berkenaan dengan seberapa jauh suatu kebijakan dapat memuaskan kebutuhan. Ketepatan, kriteria ini sangat berhubungan dengan rasionalitas dan substantive. Dan dengan tahapan pembangunan infrastruktur yaitu : perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Evaluasi Kebijakan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Cor Jalan Usaha Tani Rt 02 di Desa Masukau kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong Berjalan dengan Cukup Terdampak.

Kata kunci : Evaluasi Sumatif, Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur.

References

Afifudin, 2009. Metode penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka setia.
Afifudin, 2012. Pengantar Administrasi Pembangunan. Bandung: ALFABETA, Cv.
Ali, M., 1985. Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Dunn, W., 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Edisi Kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press..
Indrawijaya, I. A., 2011. Revitalisasi Administrasi Pembangunan. Bandung: ALFABETA.
Kodoatie, R. J., 2005. Pengantar Manajemen Infrastruktur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Miles, M. H., 2014. Qualitative Data Analysis. Jakarta: UI Press.
Pasolong, H., 2016. Metode Peneltian Administrasi Publik. Bandung : ALFABETA Cv.
Siagian, P., 2009. Administrasi Pembangunan. Jakarta: PT Bumi Perkasa.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: ALFABETA Cv.
Suparno, A., 2012. Membangun Kompetensi Belajar. s.l.:Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Tjokroamidjojo, B., 1995. Pengantar Administrasi pembangunan. Jakarta: Pt Pustaka LP3ES.

JURNAL
CakrawijayaM. A, agustus 2014. Evaluasi Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan di Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Perencanaan Wilayah dan Kota, Volume 25 , pp. 137-156.
Rahmadi, B. S., November 2020. Evaluasi Pelaksanaan Program Infrastruktur Pedesaan Jalan Usaha Tani Desa kandris Kecamatan benua Lima Kabupaten Barito Timur. JPAB, Volume 3 , pp. 1125-1239.
Sugiran, Juni 2018. Evaluasi Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) Desa Sido Makmur Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. Ju-ke, Volume 2 No 1, pp. 12-15.
Toni, Y. S. A. N. A. D. P., 2017. Evaluasi Pembangunan Infrastruktur di Desa Pulau Batang Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga. Perencanaan Wilayah dan Kota, Volume 25 no 2, pp. 137-156.
Yusnardi, november 2017. Evaluasi Program Pembangunan Infrastruktur di Desa Bayat Kabupaten Kepulauan Anambas. Smasrtek, Volume 7 No 5, pp. 292-300.
UNDANG-UNDANG
Undang-undang Republik Indonesia nomor 06 Tahun 2014, tentang desa.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman Pembangunan Desa.

Published

2021-11-13

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>