EVALUASI PEMANFAATAN ALOKASI DANA DESA TERHADAP PEMBANGUNAN DESA PADA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA DI DESA WAYAU KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG (PEMBANGUNAN DRAINASE RT.06)

Authors

  • Jesika Dwi Yuniarti Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Budi Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

evaluasi, pengelolaan alokasi dana desa, pembangunan drainase

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana evaluasi pemanfaatan alokasi dana desa terhadap pembangunan desa yaitu pembangunan drainase yang ada di desa wayau dengan melihat kriteria evaluasi, hasil evaluasi ini diharapkan mampu melihat pembangunan drainase yang sudah dilaksanakan berhasil atau belum berhasil. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan  pada penelitian ini dikemukakan oleh Miles Huberman yaitu  1)Observasi, 2)Wawancara, 3)Dokumentasi. Wawancara merupakan instrument utama pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukaan bahwa : Evaluasi pemanfaatan alokasi dana desa terhadap pembangunan desa pada pembangunan drainase di Desa Wayau Kecamatan Tanjung yang menyangkut semua kriteria evaluasi telah dilaksanakan dengan cukup baik dan dikategorikan berhasil.

Kata Kunci : Evaluasi, Pengelolaan Alokasi Dana Desa,  Pembangunan Drainase

References

Aljannah, S. (2017). Evaluasi Alokasi Dana Desa (ADD) Dalam Menunjang Pembangunan Desa di Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu ( Studi Kasus : Desa Tambusai Utara Tahun 2013-2014). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 813-827.
Badan Pusat Statistik. (2020, Januari 15). Persentase Penduduk Miskin September 2019 turun menjadi 9,22 persen. Retrieved April 25, 2020, from Badan Pusat Statistik:
Dunn, W. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Hadayani, N. A. (2019). Evaluasi Kebijakan Alokasi Dana Desa Dalam Pembangunan Desa di Desa Jetis Karangpung Kecamatan Kalijembe Kabupaten Sragen. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(1), 80-92.
Kusuma, A. R. (2017). Evaluasi Penggunaan Alokasi Dana Desa Dalam Pembangunan Desa di Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Administrasi Reform, 5(2), 112-127.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Human Inquiry: A Sourcebook Of New Paradigm Research . New York: Heuristc Research.
Pasolong, H. (2016). Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Peraturan Pemerintah Dalam Negeri No.113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.
Rahardjo, A. (2006). Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rarung, J. A., Pioh, N. R., & Waworundeng, W. (2019). Evaluasi Kebijakan Alokasi Dana Desa di Kabupaten Minahasa Tahun 2018 (Studi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa). Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1-15.
Soleh, C., & Rochmansjah, H. (2014). Pengelolaan Keuangan Desa. Bandung: Fokus Media.
Undang-undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa.
Wibowo, G. A. (2017). Evaluasi Pengelolaan Alokasi Dana Desa Untuk Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa (Desa Wonoasri Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri). Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 13(3), 313-325.
Wirawan. (2006). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia : Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wirawan. (2012). Evaluasi : Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Depok: Raja Grafindo Persada

Published

2021-11-13

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>