PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT BAKTI PUTRA MERATUS

Authors

  • Siti Maisarah Program Studi Administrasi Bisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Indriati Sumarni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

lingkungan kerja fisik, kinerja karyawan, gardener, msdm

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT Bakti Putra Meratus tahun 2021, dilihat dari data perusahaan PT Bakti Putra Meratus yaitu data penagihan invoice bulanan yang mengalami ketidakstabilan dari awal tahun hingga akhir tahun, dimana seharusnya nilai penagihan setiap bulannya harus stabil pada nilai 100% pada setiap bulannya, dari data terlihat ada beberapa kendala pada beberapa peralatan yang digunakan serta adanya beberapa komplain dari pengguna jasa / user. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) Apakah ada pengaruh antara Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kinerja Karyawan. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kinerja Karyawan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif, pengumpulan data diperoleh dari kuesioner, observasi dan dokumentasi, jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Bakti Putra Meratus yaitu 50 responden, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel.Teknik analisis data menggunakan program Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bakti Putra Meratus. (2) Bersarnya pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bakti Putra Meratus yaitu sebesar 58,8% dan sisaanya sebesar 41,2% dapat dipengaruhi oleh variabel lainnya diuar variabel yang diteliti.

 Kata Kunci     : Lingkungan Kerja Fisik, Kinerja Karyawan, Gardener

References

Afandi, 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia; Teori, Konsep dan Indikator. 1 penyunt. Pekanbaru: Zanafa.
Arikunto, 2002. Prosedure Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bukhari & Pasaribu, S. E., 2019. Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Tamiyang. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Volume 2, pp. 89-94.
Edison, E., Yohny, A. & Imas, K., 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Ekaningsih, 2012. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dengan Persepsi Lingkungan Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi. Surakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bulungan Tarakan.
Hanafi, 2017. Pengaruh Motivasi, Dan Lingkungan Kerja, Terhadap Kinerja Karyawan, Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada PT BNI Lifeinsurance. JurnalPendidikanEkonomidanBisnis(JPEB), 5(1), pp. 73-89.
Hasibuan, M. S., 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Perkasa.
Khotimah, S., Effendi, R. & Kumalasari, E., 2021. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dealer Mobil Toyota Auto 2000 Cabang Pembantu Pangkan Bun. Pengaruh Lingkungan Kerja, 9(2), pp. 65-74.
Mangkunegara, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Ramaja Rosdakarya.
Mangkunegara, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Ramaja Rosdakarya.
Mangkunegara, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Ramaja Rosdakarya.
Moeheriono, 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Munandar Dkk, A., 2004. Peran Budaya Organisasi dalam Peningkatan Untuk Kerja Perusahaan. Jakarta: Bagian Psigokologi Industri dan Organisasi Fakultas Psikologo Universitas Indonesia.
Nitisemito, A. S., 2000. Manajemen Personalia : Manajemen Sumber Daya Manusia. 3 penyunt. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rivai, V. & Basri, A. F. M., 2005. Performance Appraisal : Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sarwoto, 2001. Dasar- Dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sedarmayanti, 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.
Sedarmayanti, 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supardi, 2003. Kinerja Karyawan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Supriyanto, H. & Mukzam, M. D., 2018. Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan LPP Radio Republik Indonesia Stasiun Malang). Administrasi Bisnis, 58(1), pp. 141-146.
Surjosuseno, 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Bagian Produksi Ud Pabrik Ada Plastic. Agora, 3(2), pp. 175-179.
Wursanto, I., 2009. Dasa-Dasar Ilmu Organisasi. 2 penyunt. Yogyakarta: Andi.

Published

2021-11-09

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>