KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DILIHAT DARI DIMENSI EMPATI DI UPTD. BALAI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Airin Handayani Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Safrul Rijali Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kualitas pelayanan, pengujian kendaraan bermotor, empaty

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor dilihat dari Dimensi Empati di UPTD. Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif dengan pendekatan kuantitatif yaitu digunakan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi pada masa sekarang, yang akan datang, dilakukan dengan langkah pengelolaan data, membuat gambaran tentang sesuatu dengan cara obyektif mengadakan perbaikan-perbaikan. Teknik pengumpulan data menggunakan Ovservasi, Kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan Metode Muhammad Ali yang dihitung dalam jumlah presentase yaitu Angket. Hasil analis diperoleh bahwa Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor dilihat dari Dimensi Empati di UPTD. Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong dapat dikatagorikan berkualitas.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Pengujian Kendaraan Bermotor, Dimensi Empati

References

Ayu Retno Wulandari, Drs. Agus Suharsono, M.Si, Rachmat Hidayat, S.Sos, M.PA. Analisa Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) UPT. Balai Pengujian Kendaraaan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Jember. Jurnal Publikasi Vol. 1 Nomor 1. Tahun 2013, 1-7.
Dwiyanto, A. (20015). Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Hariyoso, S. (2002). Pembangunan Birokrasi dan Kebijakan Publik. Bandung: Peradaban.
Hidayati Ana, Achmad Fudholi, dan Sumarni. Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Tenaga Administratif Di Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Pharmaçiana. Vol. 4. No. 1. 2014 ,59-64.
Lukman, S. (2000). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.
Ndraha, T. (2003). Kybernolgy (Ilmu Pemerintahan Baru). Jakarta: Asdi Mahasatya.
Poppy Rulianan, D. (2014). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Pasolong, H. (2016). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Syukri, Siti Husna Ainu. Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Analisis GAP Pada Kualitas Pelayanan Trans Jogja. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Vol.13. No. 2. Des 2014,103-111.
Soehartono, I. (2004). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umam, K. (2011). Manajemen Organisasi. Bandung: Cv Pustaka
Vina Agustina. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Joglosemar Bus (Studi Pada Wilayah Semarang Town Office ) Jurnal Publikasi Vol. 1. Nomor 1. Tahun 2012, 1-11.
Woro Mardikawati, Naili Farida. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Bus Efisisensi (Studi Efisiensi Jurusan Yogyakarta – Cilacap ) Jurnal Publikasi Vol .2 No. 1 Tahun 2013

Published

2021-11-09

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>