PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA MELALUI KINERJA KARYAWAN CV. ANDY WALET KECAMATAN MUARA UYA KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Eka Mawarni Program Studi Administrasi Bisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Taufik Rahman Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

motivasi, kepuasan kerja, kinerja karyawan

Abstract

Dalam penelitian ini, untuk menunjang kelancaran kegiatan perusahaan,motivasi perlu adanya dalam diri karyawan sebab apabila karyawan telah memiliki motivasi yang tinggi dalam bekerja, otomatis kinerja karyawan meningkat dan secara langsung pendapatan karyawan pun juga meningkat serta karyawan dapat merasakan kepuasan dalam bekerja dan hal ini berdampak sangat baik pada perusahaan, karna produktivitas pun juga meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis  1)  Pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerjapada CV. Andy Walet Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong. 2) Pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja melalui kinerja karyawan kontrak pada CV.  Andy Walet Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong. 3) Berapa besar pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja melalui kinerja karyawan kontrak pada CV. Andy Walet Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong. Metode penelitian yang digunakan dengan metode kuantitatif. Jumlah populasi 79 dan semua populasi dijadikan sampel dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan kuesoner dan dokumentasi. Alat uji yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data Generalized Struktured Component Analysis (GSCA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada Pengaruh Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Kinerja Karyawan Kontrak Pada CV. Andy Walet Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong. (2) Ada Pengaruh Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja  Karyawan Kontrak Pada CV. Andy Walet Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong. (3) besarnya pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja melalui kinerja karyawan kontrak pada CV. Andy Walet Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong adalah sebesar 53% sisanya dipengaruhi faktor lainnya.

Kata Kunci : Motivasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

References

Ahmudi, Farida, N., Susanty, A., & Purwaningsih, R. (2018). Kepuasan Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. XYZ). Manajemen Sumber Daya Manusia, Vol.6 No.9.
Arikunto, & Suharmi. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Bambang Guritno, &. Waridin. (2005). Pengaruh Persefsi Karyawan Mengenai Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja. JRBI. Vol 1. No. 1 Hal:63-74.
Brotoharsojo, Hartono & Wungu. (2003). Tingkatkan Kinerja Perusahaan dengan Merit System. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Giivson, Ivancevinch, & Dobbely. (1997). Organization (terjemah), cetakan keempat. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Greenberg Jerald , R. (2003). Behavior in organization . New Jersey: Pretice Hall.
Hasibuan , S. M. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia.Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Henry, & Simamora. (2006). Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Handoko, T. (2001). Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Hasibuan , S. M. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia.Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Kreitner Robert, K. (2005). Organizational Behavior . Surabaya: Disertasi Universitas Airlangga.
Koesmono, H., & Teman. (2005). Pengaruh Budaya Kerja terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja serta Kinerja Karyawan pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Ekspor di Jawa Timur. Surabaya: Disertasi Universitas Airlangga.
Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi, Edisi Sepuluh. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Mathis, R.L, J. (2006). Human Manajemen: Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Mangkunegara, A. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Ramaja Rosdakarya.
Mathis, R.L, J. (2006). Human Manajemen: Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Niam, J., & Rahmadsyah, T. Y. (2019). Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan. Manajemen Sumberdaya Manusia, Vol.1 No.9.
Rivai. V. & Basri. (2005). Performance Appraisal:Sistewm Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan & Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Rivai. V. (2009). Manajemen Sumber Daya MAnusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo.
Robbins, & Stephen P. (1996). Perilaku Organisasi Jilit ll, Alih Bahasa HandayaniPujatmaka. Jakarta : Prenhalindo.
Sadirman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sania, R. (2012). Pengaruh Motivasi dan Reward Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Office (Non Medis) Rumah Sakit Bogor Medical Center. Bogor: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jakarta.
Sugiono. (2008). Metodologi Penelitan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syamsudin, d. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prawirosentono, S. (1999). Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta : BPFE.
Prof. Dr. Wibowo, S. (2007). Manajemen Kinerja Edisi Kelima. Depok.
Wangsa, R. C. (2016). Pengaruh Kompensasi, Motivasi dan Kepuasan Kerja Karyawan Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada PT. Daun Kencana Sakti. Manajemen Sumber Daya Manusia, Vol.4 No.1

Published

2021-11-09

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>