TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DI TINJAU DARI ASPEK PARTISIPASI BUAH PIKIR DAN TENAGA PADA PELAKSANAAN PEMBANGUNAN JALAN USAHA TANI DI DESA KAMBITIN KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Eva Dewi Rolina Program Studi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Safrul Rijali Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

partisipasi, buah pikir, pembangunan, usaha tani

Abstract

Tujuan Penelitian Untuk mengetahui dan menganalisis Tingkat Partisipasi Masyarakat Di Tinjau Dari Aspek Partisipasi Buah Pikir Dan Tenaga Pada Pelaksanaan Pembangunan  Jalan Usaha Tani Di Desa Kambitin Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dengan teknik kualititatif. Teknik pengumpulan data menggunakan  kuesioner dengan respon sebanyak 30 orang dengan teknik sampel jenuh . Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Muhammad Ali (1998:184) dengan perhitungan presentase jumlah jawaban dari seluruh item dikali jumlah perkalian item dengan responden . Hasil penelitian tentang Tingkat Partisipasi Masyarakat Di Tinjau Dari Aspek Partisipasi Buah Pikir Dan Tenaga Pada Pelaksanaan Pembangunan Jalan Usaha Tani Di Desa Kambitin Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong dapat dikatagorikan cukup tinggi (48%).

Kata Kunci : Partisipasi, Buah Pikir, Tenaga, Pembangunan Jalan Usaha Tani

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka
Ach. Wazir Ws., e. a. (1999). Panduan Penguatan Menejemen Lembaga Swadaya Masyarakat . Jakarta: Sekretariat Bina Desa dengan dukungan AusAID melalui Indonesia HIV/AIDS and STD Prevention and Care Project .
Ali, M. (1985). Analisa Data Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : Universitas Indonesia (UI-Press).
Dosen, T. (2019/2020). Pedoman Penulisan Skripsi. Tanjung: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong.
Fakih, M. (2001). Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisas. Yogyakarta: Insistpres bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Gunawan, P. (2015). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Puskata Gama.
Haryono, S. (2012). Pengantar Studi Administrasi Pembangunan.
Indonesia, K. B. (2005). Jakarta: BALAI PUSTAKA.
Koentjaraningkrat. (1997). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.
Adam Latif1), I. M. (2019). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Desa Timoreng Panua Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang.
Agustiani, Y. S. (2018). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastuktur Desa Di Desa Cihambulu Kecamatan Pabuaran Kabupaten Subang.
JUDIONO, F. (2009). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Prasarana Jalan.
S.S., M. &. (2014). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Desa Kuala Sempang Kecamatan Seri Kuala Lobam Kabupaten Bintan.
WIDYA ROSA SIHITE1, Z. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa pada Program Gerbang Swara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004, Tentang Jalan.
Undang-undang Republik Indonesia No 6 Tahun 2014 tentang Desa

Published

2021-04-29

How to Cite

Dewi Rolina, E., & Rijali, S. (2021). TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DI TINJAU DARI ASPEK PARTISIPASI BUAH PIKIR DAN TENAGA PADA PELAKSANAAN PEMBANGUNAN JALAN USAHA TANI DI DESA KAMBITIN KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG. JAPB, 4(1), 639–652. Retrieved from https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/434

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>