Abstract

Jasa antar jemput atau travel harus memiliki kualitas pelayanan yang baik pada aspek tangibles (bukti fisik) karena merupakan hal utama yang dilihat sehingga menjadi suatu harapan bagi konsumen, apabila kualitas pelayanan yang diberikan baik, maka akan meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dilihat dari aspek tangibles terhadap kepuasan konsumen pada Intan Tour dan Travel Tanjung ; 2) berapa besar pengaruh kualitas pelayanan dilihat dari aspek tangibles terhadap kepuasan konsumen pada Intan Tour dan Travel Tanjung. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini simple random sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Alat bantu analisis dengan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh kualitas pelayanan dilihat dari aspek tangibles terhadap kepuasan konsumen dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan besarnya pengaruh kualitas pelayanan dilihat dari aspek tangibles terhadap kepuasan konsumen adalah 74,1%, persentase yang tersisa adalah 25,9% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Tangibles,  Kepuasan Konsumen