Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Kualitas Pelayanan Aparatur Pemerintah Desa Matarah Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur (Studi Pelayanan KTP-el Kepada Lansia Bagian Kasi Pemerintahan). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yaitu yaitu berupa penggunaan logika pemikiran tanpa data penghitungan yang diolah secara statistik yaitu penjelasan yang secara mendalam dari kumpulan data atau informasi yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga dapat diambil suatu kesimpulan. Teknik dalam pengumpulan data melalui proses wawancara terstruktur (pedoman wawancara) disertai dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan empat komponen yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan atai verifikasi. Sumber data pada penelitian ini adalah 5 orang Lansia di Desa Matarah. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Aparatur Pemerintah Desa Matarah Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur (Studi Pelayanan KTP-el Kepada Lansia Pada Bagian Kasi Pemerintahan )masih belum berkualitas dilihat dari Dimensi Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsivess (Ketanggapan), dan Assurance (Jaminan).


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pemerintah Desa dan KTP-El.