IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN TABALONG NOMOR 03 TAHUN 2017 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK DI RS. UMUM DAERAH H. BADARUDDIN KASIM

Authors

  • Ramadanni Ramadanni Program Studi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Wahyu Subadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

implementasi, kawasan tanpa rokok, rumah sakit, tabalong

Abstract

Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Tabalong Nomor 03 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok, bertujuan untuk mengatur area atau ruangan yang dinyatakan dilarang untuk melakukan kegiatan merokok, salah satunya RSUD H. Badaruddin Kasim sebagai fasilitas layanan Kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Tabalong Nomor 03 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Di RSUD H. Badaruddin Kasim sejauh ini telah dilaksanakan apakah sudah terimplementasi dengan baik atau tidak, sebagai wujud dari menciptakan udara bersih bebas asap rokok di kawasan RSUD H. Badaruddin Kasim. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dengan teknik dari Milles Huberman yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan di RSUD H. Badaruddin Kasim. Metode analisa data yang menggunakan model interaktif (Miles Huberman) dengan tahapan pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, dan melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Tabalong Nomor 03 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Di RSUD H. Badaruddin Kasim telah terimplementasi dengan baik. Indikator dalam penelitian ini menggunakan Teori yang dikemukakan oleh G.C.Eddward (1) Struktur Birokrasi, (2) Sumberdaya, (3) Disposisi, (4) Komunikasi.

Kata Kunci: Implementasi, Kawasan Tanpa Rokok, Rumah Sakit

References

DAFTAR PUSTAKA
Agustin, L. W. (2019). Implementasi Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Di Bandar Lampung. Lampung: Universitas Lampung.
Bisri, I. (2008). Sistem Hukum Indonesia: Prinsip – prinsip & Implementasi Hukum di Indonesia. Banjarmasin: Rajawali Pers.
Pasolong, H. (2016). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Nawangsari, E. (2011). Model Pelayanan Kesehatan Berbasis Pelanggan (Studi Evaluasi di Bagian Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Siduarjo Jawa Timur). Jawa Timur.
Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2015). Implementasi Kebijakan Publik : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Agustino, L. (2008). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Winarno, Budi (2008). Kebijakan Publik: Teori dan Proses. Yogyakarta: Media Pressindo.
Subarsono (2011) Analisis Kebijakan Publik: Konsep. Teori dan Aplikasi. Makassar: Pustaka Belajar.
Republik Indonesia. Peraturan Daerah Kabupaten Tabalong Nomor 03 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok.
Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia No 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah
Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia No 36 tahun 2009 Tentang Kesehatan.
Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia No 15 tahun 2019 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.
Republik Indonesia. Peraturan Bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 188/Menkes/PB/2011 tentang Pedoman Kawasan Tanpa Rokok.
Republik Indonesia. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 340/MENKES/PER/III/ 2010 Tentang Klasifikasi Rumah Sakit.
Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 1204/Menkes/SK/ X/2004 Tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit

Published

2021-04-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>