Abstract

Penelitian tentang evaluasi program pemberdayaan masyarakat di Desa Mahe Pasar Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong (studi kasus pada kursus mengemudi mobil) penting untuk dilakukan, karena untuk mengevaluasi program pemberdayaan khususnya pada kursus mengemudi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Mahe Pasar.


Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif secara analitik yaitu mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, sehingga hanya merupakan penyingkapan fakta. Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang diperoleh baik melalui hasil observasi, dan kuesioner/angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Sampel yang diambil berjumlah 30 orang. Teknik analisa dalam penelitian ini dideskripsikan dengan cara menggunakan analisis persentase


Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi program pemberdayaan khususnya pada kursus mengemudi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Mahe Pasar dilihat dari variabel pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan dan pemeliharaan skor berjumlah 58,67% dengan kategori Cukup Berhasil.


Kata Kunci : Evaluasi, Kursus Mengemudi, Desa Mahe Pasar