Abstract

Penelitian tentang Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Sebelum Dan Sesudah Akreditasi Di UPTD Puskesmas Ampah Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur dengan tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan UPTD Puskesmas Ampah sebelum dan sesudah akreditasi.


Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Jumlah populasi 1.280 pasien pada UPTD Puskesmas Ampah pada periode tahun 2017 dan 2018 pada saat UPTD Puskesmas Ampah sebelum dan sesudah akreditasi. Kuesioner merupakan instrument utama untuk mengumpulkan data dan observasi dan data sekunder diperoleh dari UPTD Puskesmas Ampah. Statistik deskriptif digunakan untuk analisis data hasil penelitian, serta Generalized Structured Component Analysis (GSCA) untuk pengujian hipotesis penelitian.


Hasil penelitian menunjukan bahwa akreditasi puskesmas berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan pada UPTD Puskesmas Ampah, bahwa nilai critical ratios (CR) koefisien jalur variabel isi terhadap kualitas pelayanan akhir sebelum akreditasi sebesar 2.33* sedangkan nilai critical ratios (CR) koefisien jalur variabel isi terhadap kualitas pelayanan akhir sesudah akreditasi sebesar 5.78*. Tanda bintang (*) pada nilai critical ratios menunjukkan bahwa akreditasi puskesmas berpengaruh terhadap kualitas pelayanan yang diberikan UPTD Puskesmas Ampah. Dengan kata lain Ha diterima yaitu ada perbedaan kualitas pelayanan sebelum dan sesudah akreditasi di UPTD Puskesmas Ampah Kecamatan Dusun Tengah.


Kata Kunci :  Pelayanan Kesehatan, Tenaga Kesehatan, Akreditasi.