Abstract

Persaingan bisnis dibidang teknologi khususnya telekomunikasi terus mengalami kemajuan pesat. Persaingan bisnis yang ketat menyebabkan para pelaku usaha harus bersaing untuk memenangkan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pulsa pada No-Kios Cell. Obyek penelitian ini adalah pelanggan No-Kios Cell Kabupaten Tabalong sebanyak 41 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner menggunakan metode probability sampling menggunakan purposive sampling. 


Berdasarkan analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS for window version 23, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara harga (X1) dan promosi (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 62,3%. Hasil uji t menunjukkan harga memiliki nilai positif sebesar 0,263 sehingga dapat diputuskan bahwa harga mempengaruhi responden untuk memutuskan melakukan pembelian pulsa dan promosi menunjukkan nilai negative -0,044 yang menyatakan bahwa ada atau tidak adanya promosi tidak mempengaruhi keputusan pembelian pulsa. Sedangkan dari uji F menyatakan terdapat pengaruh simultan atau bersama-sama antara variabel bebas yakni harga dan promosi terhadap keputusan pembelian.


Kata kunci : harga, promosi, keputusan pembelian.